PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)

Wahyuning Ambar Setianingrum, 7311411126 (2015) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1168Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah CSR dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan apakah profitabilitas merupakan variabel pemoderasi antara CSR dan nilai perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2011-2013 sebanyak 44 emiten, menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian berasal dari data sekunder diperoleh melalui teknik dokumentasi. Analisis data dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini yaitu CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas mampu memoderasi hubungan CSR dengan nilai perusahaan. Saran dalam penelitian ini adalah bagi akademisi, diharapkan lebih menggali pengetahuan mengenai konsep CSR, profitabilitas dan nilai perusahaan dan hendaknya peka terhadap masalah yang berkembang saat ini. Bagi peneliti selanjutnya, dapat menggunakan objek yang lebih luas dan menambah variabel lain yang belum atau jarang diteliti. Bagi perusahaan, dapat meningkatkan profit agar nilai perusahaan meningkat serta dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang pentingnya pertanggungjawaban sosial perusahaan. Bagi investor, hendaknya lebih seksama dalam mempertimbangkan aspek-aspek yang perlu diperhitungkan dalam investasi yang tidak hanya terpaku pada besarnya nilai perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Tanggung Jawab Sosial
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 14:55
    Last Modified: 13 Nov 2015 14:55

    Actions (login required)

    View Item