PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN PhET UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN PEMAHAMAN KONSEP

Windy Yuli Astuti , 4201411011 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN PhET UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN PEMAHAMAN KONSEP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2255Kb)

    Abstract

    Strategi metakognitif menekankan pada kesadaran berpikir seseorang tentang proses berpikirnya sendiri. Seseorang yang memiliki kemampuan metakognitif yang tinggi dapat mengelola proses belajarnya sehingga belajar akan efektif, sedangkan seseorang yang memiliki kemampuan metakognitif yang rendah tidak dapat mengelola proses belajarnya sehingga belajar tidak efektif. Rendahnya kemampuan siswa dalam mengendalikan proses belajarnya berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan strategi metakognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantuan PhET dan (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantuan PhET. Desain penelitian ini adalahah quasi experimental dengan jenis one shot pre test post test. Pengambilan sampel dilakukan secara sampling purposive. Penelitian ini memberikan perlakuan pada kelas eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII F dan VIII G SMP Negeri 2 Ambarawa dengan jumlah siswa tiap kelasnya sebanyak 34 orang. Untuk mengetahui peningkatan strategi metakognitif dan pemahaman konsep dilakukan uji gain ternormalisasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantuan PhET dapat meningkatkan strategi metakognitifdan pemahaman konsep. Peningkatan strategi metakognitif diperoleh dengan nilai <g> sebesar 27,33% sedangkan peningkatan pemahaman konsep siswa diperoleh dengan nilai <g> 37,91%. Hasil analisis strategi metakognitif dengan uji gain menunjukkan bahwa kriteria peningkatan strategi metakognitif adalah rendah sedangkan kriteria peningkatan pemahaman konsep adalah sedang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran search, solve, create, and, share (SSCS) dapat meningkatkan strategi metakognitif dan pemahaman konsep siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: SSCS, Strategi Metakognitif, Pemahaman Konsep, PhET
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 01:32
    Last Modified: 14 Nov 2015 01:32

    Actions (login required)

    View Item