PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL PADA PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL DENGAN DUKUNGAN ORGANISASIONAL PERSEPSIAN SEBAGAI MEDIASI (Studi pada Karyawan UD. Arofah Electronic di Kabupaten Kudus)

Gesta Wijayanto, 7311411106 (2015) PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL PADA PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL DENGAN DUKUNGAN ORGANISASIONAL PERSEPSIAN SEBAGAI MEDIASI (Studi pada Karyawan UD. Arofah Electronic di Kabupaten Kudus). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1277Kb)

    Abstract

    Salah satu tujuan organisasi adalah mencapai laba yang tinggi, sehingga bisa menjamin keberlangsungan hidup organisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang memiliki satu tujuan untuk menunjukkan kinerja yang tinggi dengan memiliki karakter perilaku kewargaan organisasional atau Organizational Citizenship Behavior (OCB). Untuk meningkatkan perilaku OCB karyawan terdapat dua faktor yang diuji dalam penelitian ini, yaitu keadilan organisasional dan dukungan organisasional persepsian (POS). POS diperlakukan sebagai variabel mediasi yang bisa mempengaruhi perilaku OCB karyawan UD. Arofah Electronic. Penelitian ini dilakukan berdasarkan research gap antara penelitian yang dilakukan Elsaid (2014) dan Lambert & Hogan (2013). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan UD. Arofah Electronic yang berada di Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel ditetapkan sebanyak 104 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Tingkat pengembalian kuesioner sebanyak 100%. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur path analysis. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan, bahwa ada pengaruh langsung keadilan distributif pada OCB (0,026<0,05), ada pengaruh langsung keadilan prosedural pada OCB (0,001<0,05), dan ada pengaruh langsung keadilan interaksional pada OCB (0,001<0,05). Hasil analisis jalur path analysis menunjukkan POS memediasi pengaruh keadilan distributif pada OCB (0,323>0,176), POS memediasi pengaruh keadilan prosedural pada OCB (0,373>0,253), POS memediasi pengaruh keadilan interaksional pada OCB (0,297>0,223) Sehingga H1, H2, H3, H4, H5, dan H6 diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu keadilan distributif berpengaruh positif dan signifikan pada OCB, keadilan prosedural berpengaruh positif dan signifikan pada OCB, keadilan interaksional berpengaruh positif dan signifikan pada OCB, dan POS mampu memediasi pengaruh keadilan distributif, keadilan prosedural, keadilan interaksional pada OCB. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menguji variabel mediasi yang berbeda pada pengaruh dimensi-dimensi keadilan organisasi pada OCB.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keadilan Organisasional, Dukungan Organisasional Persepsian, Perilaku Kewargaan Organisasional
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 14:46
    Last Modified: 13 Nov 2015 14:46

    Actions (login required)

    View Item