PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA

Sinta Intani Fitriana , 4201411010 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1977Kb)

    Abstract

    Penguasaan konsep dan keterlibatan belajar siswa merupakan indikator yang harus di capai siswa dalam pembelajaran fisika. Model pembelajaran guided inquiry dengan multipresentasi merupakan salah satu solusi untuk dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterlibatan belajar siswa. Tujuan penelitian meliputi: mengetahui adanya peningkatan penguasaan konsep dan keterlibatan belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran guided inquiry dengan multirepresentasi dan mengetahui profil penguasaan konsep dan keterlibatan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode pre- test pos-test one group design. Populasiya yaitu siswa kelas XI IPA SMA N 1 Petarukan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 5 dipilih sebagai kelompok treatment. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes berupa test tertulis dan non-tes berupa lembar observasi keterlibatan belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan uji gain, dan uji t. Hasil penelitian meliputi: uji gain peningkatan rata-rata penguasaan konsep siswa diperoleh <g>=0,605. Uji gain peningkatan rata-rata keterlibatan belajar siswa diperoleh <g>=0,28 dari pertemuan 1 ke 2, <g>=0,35 dari pertemuan 2 ke 3 dan <g>=0,529 dari pertemuan 1 ke 3. Uji t satu pihak kanan dari hasil penelitian diperoleh thitung = 2,931 > tTabel = 2,007 dengan taraf signifikansi 5%. Profil kemampuan multirepresentasi siswa dengan menggunakan uji gain diperoleh <g>=0,27 untuk representasi verbal, <g>=0,94 untuk representasi matematik, <g>=0,55 untuk representasi gambar-matematik, dan <g>=0,59 untuk representasi gambar-verbal. Simpulan penelitian ini yaitu peningkatan penguasaan konsep siswa mencapai kriteria sedang, peningkatan keterlibatan belajar siswa dari pertemuan 1 ke 2 mencapai kriteria rendah, pertemuan 2 ke 3 mencapai kriteria sedang dan pertemuan 1 ke 3 mencapai kriteria sedang. Profil kemampuan multirepresentasi siswa untuk representasi verbal mencapai kriteria rendah, untuk representasi matematik mencapai kriteria tinggi, dan untuk representasi gambar-matematik dan representasi gambar-verbal mencapai kriteria sedang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Guided inquiry, Multirepresentasi, Penguasaan Konsep Siswa, Keterlibatan Belajar.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 14:43
    Last Modified: 13 Nov 2015 14:43

    Actions (login required)

    View Item