Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Melalui Brain Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Pengembangan Karakter Siswa SMP Kelas VIII

Maya Damayantie , 4201410044 (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Melalui Brain Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Pengembangan Karakter Siswa SMP Kelas VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2320Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa siswa kurang aktif dan nilai rata-rata tengah semester I kelas VIII mata pelajaran IPA rendah kurag dari KKM yaitu 75. Untuk meningkatkan penguasaan konsep dan mengembangkan nilai karakter pada siswa, guru dapat menerapkan model pembelajaran Kooperatif STAD melalui Brain Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan penguasaan konsep dan pengembangan karakter siswa pada materi pesawat sederhana setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif STAD melalui Brain Based Learning. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive. Sampel penelitian adalah siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental pendidikan dengan desain penelitian control group pre-test post-test. Nilai pretest-posttest dan nilai karakter diperoleh menggunakan soal tes dan lembar observasi. Analisis peningkatan penguasaan konsep digunakan uji-t, sedangkan pengembangan karakter digunakan deskripsi peningkatan karakter. Berdasarkan hasil uji-t peningkatan hasil belajar siswa, diperoleh thitung (3.86) > ttabel (2.00). Hal ini berarti bahwa rata-rata nilai postes penguasaan konsep siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sebagai uji pendukung, disertakan perhitungan faktor gain, untuk kelas eksperimen diperoleh sebesar 0.54 dan kelas kontrol sebesar 0.48 dengan kategori sedang. Prosentase rata-rata nilai karakter siswa pada kelas eksperimen sebesar 80.03% dan kelas kontrol sebesar 74.35% sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif STAD melalui Brain Based Learning dapat meningkatkan penguasaan konsep dan pengembangan karakter siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: STAD, Brain Based Learning, Penguasaan Konsep, Karakter.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 14:33
    Last Modified: 13 Nov 2015 14:33

    Actions (login required)

    View Item