BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIASI PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAMU NYONYA MENEER DI SEMARANG TIMUR

Sinta Purnamasari, 7311411088 (2015) BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIASI PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAMU NYONYA MENEER DI SEMARANG TIMUR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1774Kb)

    Abstract

    Sejalan dengan kemajuan dalam bidang ekonomi, maka pengembangan dunia usaha juga mengalami pertumbuhan dan kemajuan yang pesat. Semua ini di buktikan dengan bermunculannya perusahaan-perusahaan baru. Diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar perusahaan mampu bertahan dan bersaing dengan harapan meningkatkan penjualan dan mengkukuhkan brand image. Meningkatkan promosi, strategi harga dan analisis sikap konsumen adalah usaha untuk menarik pembelian dan pengkukuhan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh promosi, harga dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian melalui brand image sebagai variabel intervening. Populasi Penelitian ini adalah konsumen yang melakukan keputusan pembelian jamu Nyonya Meneer pada outlet jamu di Semarang Timur. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik acidental sampling, jumlah responden sebanyak 116 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dan metode kuesioner. Analisis data menggunakan Path Analyse dengan program SPSS versi 16, dimana variabel yang digunakan meliputi promosi, harga, sikap konsumen, brand image dan keputusan pembelian. Hasil ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand image dengan total pengaruh sebesar 0.502, harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand image dengan total pengaruh sebesar 0.421 dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand image dengan total pengaruh sebesar 0.214. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa brand image memiliki peran sebagai variabel intervening antara promosi, harga dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian. Saran bagi perusahaan adalah perusahaan harus meningkatkan promosi, analisis harga dan sikap konsumen serta menjaga reputasi perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Brand Image, Promosi, Harga, Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 14:29
    Last Modified: 13 Nov 2015 14:29

    Actions (login required)

    View Item