KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PRODUK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Vulat Ariyanto , 4301411024 (2015) KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PRODUK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2728Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang betujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan interpersonal siswa pada materi larutan penyangga. Berdasarkan hasil observasi di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang ketika pembelajaran di kelas terlihat siswa masih pasif dan saat diberi penugasan secara kelompok hanya beberapa siswa yang aktif mengerjakan, selain itu kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berkolaborasi / interpersonal antar siswa belum dikembangkan secara optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan bepikir kreatif dan interpersonal adalah model pembelajaran project based learning. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran project based learning dengan produk mind mapping sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test- pos-test control group design. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre-test sebelum diberi perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan pos-test. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas, terikat da kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji t, uji pengaruh antar variabel, koefisien determinasi dan uji N-gain. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pos-test kelas eksperimen 89,97 dan kelas kontrol 77,97. Hasil uji t pada nilai pos-test diperoleh harga thitung (5,0) sedangkan ttabel (2,02) ini berarti kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji N-gain diperoleh 0,86 pada kelas eksperimen sedangkan 0,71 pada kelas kontrol. Kemampuan interpersonal siswa antara kelas eksperimen dan kontrol mengalami perbedaan peningkatan dari masing-masing indikator. Peningkatan kemampuan interpersonal siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning dengan produk mind mapping efektif meningkakan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan interpersonal siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Interpersonal, Mind Mapping, Project Based Learning
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 09:38
    Last Modified: 13 Nov 2015 09:38

    Actions (login required)

    View Item