PENGEMBANGAN INTERACTIVE MULTIMEDIA COURSEWARE BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA SMA

Rina Yuhani Qurrota A'yun , 4301411013 (2015) PENGEMBANGAN INTERACTIVE MULTIMEDIA COURSEWARE BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1725Kb)

    Abstract

    Kimia merupakan ilmu sains yang terdiri atas beberapa konsep dasar yang harus dipahami oleh siswa agar dapat menguasai mata pelajaran tersebut. Model penemuan terbimbing adalah salah satu model pembelajaran yang membantu siswa untuk mendapatkan konsepnya sendiri. Model ini akan dapat berjalan dengan baik jika media yang digunakan tepat. Oleh karena itu dikembangkan Interactive Multimedia Courseware Berbasis Penemuan Terbimbing pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan Interactive Multimedia Courseware Berbasis Penemuan Terbimbing pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Media interaktif yang telah dikembangkan divalidasi oleh ara ahli. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Semarang. Uji coba skala kecil dilakukan pada 10 siswa kelas XI IPA dan uji coba skala besar dilakukan pada 39 siswa kelas XI IPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi yang dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi, dengan skor masing-masing 52, 50, 79, dan 72 yang termasuk dalam kategori sangat valid, sangat valid, dan valid. Hasil analisis rata-rata respon positif untuk tiap butir angket tanggapan siswa mencapai 91% yang berarti Interactive Multimedia Courseware Berbasis Penemuan Terbimbing yang telah dikembangkan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 87,17% sehingga telah memenuhi ketuntasan klasikal, dan N-gain sebesar 0,77 yang berada dalam kategori tinggi menunjukkan bahwa Interactive Multimedia Courseware Berbasis Penemuan Terbimbing yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, pemahaman konsep, penemuan terbimbing
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 09:26
    Last Modified: 13 Nov 2015 09:26

    Actions (login required)

    View Item