PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 5 MAGELANG

Enthen Pradyka , 4301411004 (2015) PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 5 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1495Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, terlihat bahwa siswa pada kelas X-C dengan jumlah siswa 27 anak belum memiliki motivasi dan keaktifan yang tinggi saat berlangsungnya proses pembelajaran. Guru belum menemukan metode yang tepat agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif untuk belajar sehingga siswa dapat aktif dan termotivasi. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar adalah metode student teams achievement division (STAD). Metode ini menuntut siswa untuk bekerja aktif dalam suatu kelompok. Adapun kelompok yang dibuat dalam metode STAD merupakan kelompok yang heterogen berdasarkan jenis kelamin dan nilai UTS. Penelitian terbagi menjadi dua siklus dan satu pra siklus. Pada setiap siklus dalam penelitian terdiri atas beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi (pengamatan), dan refleksi. Pra siklus diadakan untuk mengetahui data keaktifan dan motivasi awal siswa sebelum diterapkannya metode baru yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk pengambilan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru, sedangkan angket digunakan untuk pengambilan data motivasi belajar siswa. Data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa rata-rata menjadi 64,73% dan motivasi belajar siswa rata-rata meningkat sebesar 54,81%. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus II rata-rata menjadi 78,10% sedangkan motivasi belajar siswa meningkat rata-rata menjadi 70,05%. Peningkatan aktivitas dan motivasi belajar diikuti dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus pertama 13 anak mencapai batas tuntas pada tes akhir siklus, sedangkan pada siklus kedua 18 anak mencapai batas tuntas pada tes akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode student teams achievement division dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Student Teams Achievement Division
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 09:06
    Last Modified: 13 Nov 2015 09:06

    Actions (login required)

    View Item