POLA PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS 2B KABUPATEN KLATEN

Vivid Asyida, 3301410004 (2015) POLA PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS 2B KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1370Kb)

    Abstract

    Tindak pidana tidak hanya dilakukan oleh orang-orang dewasa, akan tetapi anak-anak juga bisa melakukan hal tersebut. Tindak pidana yang dilakukan oleh anak-anak sekarang ini seperti pencurian, pemerkosaan, penganiayaan, penyalahgunaan obat terlarang, dan sebagainya. untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya anak menjalani masa hukuman sesuai dengan putusan hakim di lembaga pemasyarakatan. Di lembaga pemasyarakatan anak mendapatkan pembinaan agar ketika kembali ke masyarakat lebih baik dan tidak mengulangi perbuatannya kembali. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) apa saja bentuk tindak pidana yang dilakukan oleh oleh narapidana anak di LP Kelas 2B Kabupaten Klaten, (2) Bagaimana pola pembinaan narapidana anak di LP Kelas 2B Kabupaten Klaten, (3) Faktor pendukung dan penghambat apa saja yang ada pada pelaksanaan pembinaan narapidana anak di LP Kelas 2B Kabupaten Klaten. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui tindak pidana yang dilakukan oleh narapidana anak di LP kelas 2B Kabupaten Klaten, (2) Untuk mengetahui Pola pembinaan narapidana anak di LP kelas 2B Kabupaten Klaten, (3) faktor pendukung dan penghambat yang ada pada pelaksanaan pembinaan narapidana anak di Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian yang dijadikan objek adalah Lembaga Pemasyarakatan kelas 2B Kabupaten Klaten. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Validitas alat pengumpulan data dilakukan dengan teknik metode analisis interaksi (interactive analisys models). Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa : (1) Tindak pidana yang dilakukan narapidana anak yang terdapat di lembaga pemasyarakatan kelas 2B Kabupaten Klaten tentang pelanggaran Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak yaitu sengaja membujuk anak untuk melakukan persetubuhan, pelanggaran KUHP BAB XII tentang pencurian pasal 363 dan pasal 365 (2) Pola pembinaan yang dilakukan di lembaga pemasyarakatan kelas 2B Kabupaten Klaten yang diterapkan untuk narapidana anak berbeda dengan narapidana dewasa yaitu tidak adanya pembinaan pelatihan kerja. Pelatihan kerja hanya untuk narapidana dewasa karena narapidana anak tidak boleh dipekerjakan. Pola pembinaan yang diterapkan untuk narapidana anak antara lain pembinaan mental dan pembinaan keterampilan. Pembinaan mental antara lain kegiatan peribadatan, pendampingan konseling, kegiatan olahraga (senam, volley, futsal, tennis). Sementara itu untuk pembinaan keterampilan lembaga pemasyarakatan kelas 2B Kabupaten Klaten mengadakan kerjasama dengan instansi pemerintahan dan LSM. LSM tersebut yaitu “sahabat kapas” yang khusus melakukan pembinaan bagi narapidana anak. (3) Faktor pendukung Sumber daya manusia yaitu petugas di lembaga pemasyarakatan kelas 2B Kabupaten Klaten terlebih petugas keamanan dan petugas pembinaan mampu bekerjasama dalam pembinaan narapidana anak, Narapidana yaitu narapidana mampu mengembangkan potensi yang dimiliki melalui program pembinaan, Fasilitas yang ada meliputi; tempat ibadah, klinikm kesehatan, perpustakaan, alat musik, lapangan olahraga, ruang kunjungan, dapur, dan koperasi, Adanya kerjasama dengan pihak luar antara lain; dengan pihak kepolisian, kejaksaan negeri, pengadilan negeri, departemen agama, departemen kesehatan, dan dinas sosial. Faktor penghambat Kondisi bangunan lembaga pemasyarakatan belum tersedia pembagian blok sel anak dan ruang khusus pembinaan belum tersedia, Fasilitas yang masih kurang adalah alat olahraga dan ketersediaan obat dan alat kesehatan yang masih minim, Petugas pemasyarakatan yang menangani pembinaan khusus anak yaitu psikolog anak dan tenaga pengajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pembinaan, narapidana anak, Lembaga Pemasyarakatan
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 06:10
    Last Modified: 13 Nov 2015 06:10

    Actions (login required)

    View Item