PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF DAN KEADILAN PROSEDURAL PADA KOMITMEN AFEKTIF DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan PT Tanjung Kreasi Parquet Industry Temanggung)

LUTHFI IRAWAN, 7311411083 (2015) PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF DAN KEADILAN PROSEDURAL PADA KOMITMEN AFEKTIF DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan PT Tanjung Kreasi Parquet Industry Temanggung). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1340Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural pada Komitmen Afektif. Penelitian ini juga menguji apakah Kepuasan Kerja merupakan variabel mediasi yang mempengaruhi hubungan antara Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural pada Komitmen Afektif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Tanjung Kreasi Parquet Industry (TKPI) Temanggung dengan teknik pengambilan data Probability sampling dengan jenis proportionate random sampling yang diketahui sebesar 96 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode analisis menggunakan uji parsial dan analisis jalur dalam menentukan hubungan antar variabel dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural pada Komitmen Afektif. Kepuasan Kerja terbukti mempunyai pengaruh mediasi hubungan Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural pada Komitmen Afektif yang ditunjukan dengan nilai koefisen total jalur > nilai koefisen pengaruh langsung. Total koefisien jalur masing-masing Keadilan Distributif pada Komitmen Afektif dengan Kepuasan Kerja sebagai mediasi yaitu sebesar 0,609 > 0,607 dan total koefisien jalur Keadilan Prosedural pada Komitmen Afektif dengan Kepuasan Kerja sebagai mediasi yaitu sebesar 0,509 > 0,508. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Kepuasan Kerja sangat berperan penting dalam memperkuat Komitmen Afektif yang dimiliki karyawan. Hal ini menunjukan bahwa ketika Kepuasan Kerja Karyawan tinggi maka Komitmen Afektif yang dimiliki karyawan meningkat terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Dapat dilihat Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural positif signifikan mempengaruhi Komitmen Afektif Karyawan, keberadaan dua variabel tersebut penting dalam membentuk Kepuasan Kerja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Komitmen Afektif, Kepuasan Kerja, Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Perusahaan Swasta
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 04:43
    Last Modified: 13 Nov 2015 04:43

    Actions (login required)

    View Item