PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), NON PERFORMING FINANCING (NPF), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DAN RETURN ON ASSET (ROA),TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (KJKS-BMT ) (Studi Kasus Pada KJKS-BMT”Bondho Tumoto” Semarang)

ERVINA, 7311411076 (2015) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), NON PERFORMING FINANCING (NPF), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DAN RETURN ON ASSET (ROA),TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (KJKS-BMT ) (Studi Kasus Pada KJKS-BMT”Bondho Tumoto” Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1409Kb)

    Abstract

    Baitul maal wat Tamwil (BMT) merupakan suatu lembaga keuangan mikro syariah, dimana kegiatan usahanya bergerak dibidang baitul maal, pembiayaan, investasi, dan simpanan sesuai dengan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga, Non Performing Financing, Capital Adequacy Ratio, dan Return On Asset terhadap Likuiditas atau Financing to Deposit Ratio. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dimana dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah Lembaga keuangan mikro syariah KJKS-BMT ”Bondho Tumoto” Semarang. Populasi penelitian adalah laporan keuangan periode tahun 2011-2013, dengan sampel yaitu data keuangan bulanan, yangberjumlah sebanyak 36 data. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis parsial-t untuk menguji koefisien regresi secara parsial, dengan probabilitas signifikan sebesar 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil hipotesis uji parsial-t, variabel Pertumbuhan DPK dan ROAberpengaruh negatif signifikanterhadap tingkat likuiditas (FDR), dimanatingkat signifikan masing-masing adalah 0,004, dan 0,005. Kemudian variabelNPF berpengaruh negatif tidak signifikan, dan CAR berpengaruh positif signifikan, masing-masing dengan tingkat signifikan 0,815 dan 0,001terhadap tingkat likuiditas (FDR). Penelitian ini menyimpulkan bahwa hanya variabel NPF yang tidak berpengaruh signifikan, sedangakan variabel pertumbuhan DPK, CAR, dan ROA berpengaruh signifikan terhadap tingkat likuiditas(FDR).Dengandemikian,diharapkan KJKS-BMT “Bondho Tumoto” Semarang, agar selalu dapat meningkatkan aktifitaspembiayaan yang akan memberikan kepastian profitabilitas bagi lembaga, sehinggaperusahaan dapat menjaga tingkat likuiditas,serta meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat atau nasabah pada lembaga untuk mengelola uangnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Dana Pihak Ketiga, Non Performing Financing, Capital Adequacy Ratio, Return On Asset,Likuiditas
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 04:34
    Last Modified: 13 Nov 2015 04:34

    Actions (login required)

    View Item