PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJASEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada PT. PLN Distribusi JawaTengahdan D.IYogyakarta)

Rojikin, 7311411070 (2015) PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJASEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada PT. PLN Distribusi JawaTengahdan D.IYogyakarta). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1451Kb)

    Abstract

    Kepuasan Kerja Kompensasi dan lingkungan kerja merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. dalam kasus ini terdapat perbedaan hasil penelitian terdahulu pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. ada hasil penelitian bahwa kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bahkan ada peneliti yang mengahasilkan penelitiannya bahwa kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh tidak signifikan atau tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. ini sudah menimbulkan Research Gap, Oleh karena itu pengaruh tersebut akan dapat dijelaskan dengan menambahkan variabel kepuasan kerja sebagai variabel intervening, dan inilah sebagai celah untuk kejelasan hasil penelitian. Penelitian ini mengambil objek di PT. PLN Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagaian karyawan tetap PT. PLN Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta dengan menggunakan tekhnik propotional random sampling berjumlah 149 karyawan. Metode pengambilan data menggunakan angket (Kusioner) yang dibagikan kepada karyawan yang dijadikan sampel penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Jalur (Path). Hasil penelitian dengan analisis jalur menunjukkan bahwa kepuasan kerja memediasi pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. analisis regresi diperoleh persamaan Y1= 0,411 (X1) + 0.415 (X2) + 0.666 dan Y2= 0.244 (X1) + 0.311 (X2) + 0.430 (Y1) + 0.491. Pada kompensasi total effect > direct effect yaitu (0.420) > (0.244) yang artinya kepuasan kerja memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan, dan pada lingkungan kerja juga terlihat total effect > direct effect yaitu (0.489) > (0.311) yang artinya kepuasan kerja memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. H1 yang menyatakan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dapat diterima. H2 yang menyatakan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dapat di terima. H3 yang menyatakan kepuasan kerja memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan dapat diterima. H4 yang menyatakan kepuasan kerja memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan dapat diterima. Kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta kepuasan kerja memediasi pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: pimpinan perusahaan harus memberikan pelatihan kepada karyawan dalam bekerja gunanya untuk kemandirian karyawan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kompensasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan dan Kepuasan Kerja
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 04:30
    Last Modified: 13 Nov 2015 04:30

    Actions (login required)

    View Item