PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, DAN KUALITAS TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK REI OUTDOORGEAR DI SEMARANG

Eka Aditya, 7311411069 (2015) PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, DAN KUALITAS TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK REI OUTDOORGEAR DI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1613Kb)

    Abstract

    Semakin banyaknya perusahaan outdoor gear sejenis dan dengan inovasi inovasi model produk yang semakin inovatif memacu perusahaan untuk dapat memaksimalkan, mempertahankan dan meningkatkat mutu atau kualitas produk agar dapat lebih dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Tidak hanya dengan menetapkan harga yang menarik dan produk yang tersedia bagi konsumen, tetapi juga perlu menciptakan produk yang baik dengan mutu dan kualitas yang tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi, persepsi, dan kualitas produk terhadap proses keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis adanya pengaruh motivasi, persepsi, dan kualitas produk terhadap proses keputusan pembelian secara parsial. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa pecinta alam konsumen dari produk REI Outdoor Gear yang ada di Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 mahasiswa pecinta alam yang ada diSemarang yang aktif dan registrasi sebagai responden dengan metode iterasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan literatur. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 21. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 0,170 X1 + 0,094 X2 + 0,065 X3. Hasil uji hipotesis secara parsial dapat dilihat motivasi memiliki t hitung 2,182 dengan nilai probabilitas 0,031 < 0,05, persepsi memiliki t hitung 2,026 dengan nilai probabilitas 0,045 > 0,05, kualitas produk memiliki t hitung 1,992 dengan nilai probabilitas 0,049 > 0,05 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi, persepsi, dan kualitas produk berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian Simpulan dari penelitian ini adalah terbukti bahwa ada pengaruh motivasi terhadap proses keputusan pembelian, persepsi terhadap proses keputusan pembelian, dan kualitas produk terhadap proses keputusan pembelian. Artinya semakin baik motivasi, persepsi, dan kualitas produk maka akan semakin besar minat konsumen untuk melakukan proses keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan terhadap perusahaan agar lebih meningkatkan lagi kualitas produk dan inovasi produknya, selain itu fungsi dan kinerja produk dengan meningkatkan komponen demi komponen agar konsumen dapat percaya terhadap produk perusahaan. Kepada peneliti selanjutnya Untuk penelitian mendatang sebaiknya dilakukan pada objek yang lebih spesifik produk REI Outdoorgear. Sehingga kemungkinan didapat hasil berbeda-beda pada penelitian tersebut dapat terjadi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivasi, Persepsi, Kualitas Produk, Proses keputusan pembelian
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 04:26
    Last Modified: 13 Nov 2015 04:26

    Actions (login required)

    View Item