PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Kasus Pada Karyawan Kantor Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah)

Lutfianita Novira, 7311411066 (2015) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Kasus Pada Karyawan Kantor Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (968Kb)

    Abstract

    Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang kehutanan. Persaingan dibidang kehutanan semakin ketat dengan adanya pihak swasta yang ikutserta, sehingga karyawan harus memilki nilai lebih.Organisasi mengharapkan kinerja karyawan yang semaksimal mungkin untuk mencapai keunggulan organisasi sehingga mampu bersaing dalam dunia industri. Karena pada akhirnya kinerja karyawan mempengaruhi kemajuan organisasi secara keseluruhan. Karyawan diharapkan memiliki inisiatif untuk melakukan kegiatan yang tidak hanya mencakup in-role saja tetapi juga extra-role yang dapat memberi keuntungan bagi organisasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya perilaku extrarole diantaranya adalah persepsi dukungan dan kepuasan kerjayang dalam perkembangannya masih terdapat perbedaan pandangan atas hasil penelitian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh mediasi kepuasan kerja antara variable persepsi dukungan organisasi terhadap PKO. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai kantor Perum Perhutani Unit I JawaTengah dengan teknik pengambilan data proportionale random sampling dan penghitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang diketahui sebesar 116 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode analisis menggunakan uji parsial dan analisis sobel dalam menentukan hubungan antar variable dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel persepsi dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja, hubungan positif dan signifikan antara persepsi dukungan organisasi dan PKO, dan hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap PKO. Kepuasan kerja mempunyai pengaruh mediasi hubungan persepsi dukungan organisasi dan PKO yang ditunjukan dengan nilai t hitung 3.2404 > t tabel 1.9809. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja sangat berperan penting dalam timbulnya PKO.Untuk dapat tmenunjukkan PKO,pegawai harus memiliki persepsi atas dukungan organisasi dan kepuasan kerja yang tinggi terhadap tempat mereka bekerja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Dukungan Organisasi Persepsian, KepuasanKerja,Perilaku Kewargaan Organisasional, Perum Perhutani
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 04:22
    Last Modified: 13 Nov 2015 04:22

    Actions (login required)

    View Item