PEMBELAJARAN ETIKA MELALUI LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL HUDA WIJAYA KUSUMA II KATONSARI KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK

Ragil Tri Cahyo, 2503408082 (2015) PEMBELAJARAN ETIKA MELALUI LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL HUDA WIJAYA KUSUMA II KATONSARI KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3353Kb)

    Abstract

    Pembelajaran etika melalui lagu bertujuan untuk menanamkan kebiasaan baik terhadap anak melalui pemberian lagu-lagu yang bertemakan etika. Etika memberi manusia orientasi bagaimana seseorang menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakan sehari-hari, dan pada akhirnya membantu seseorang untuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu dilakukan. Manfaat etika pada kehidupan anak adalah pembentukan karakter anak, perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Berdasarkan uraian tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Lagu apa sajakah yang di gunakan dalam pembelajaran etika melalui lagu di TK Nurul Huda Demak dan (2) Bagaimana proses pembelajaran etika melalui lagu di TK Nurul Huda Demak? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogik, pendekatan musikologi, dan pendekatan psikologi. Pendekatan pedagogik merupakan strategi pembelajaran guru yang menggunakan gerakan anggota tubuh. Pendekatan musikologi merupakan pendekatan melalui musik/lagu. Pendekatan psikologi merupakan pendekatan melalui perilaku anak. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Lagu Bangun Tidur dan Oh Ibu dan Ayah dipilih oleh guru karena mengandung muatan etika kebiasaan dalam bertingkah laku yang baik. Proses pembelajaran etika melalui lagu ini ada beberapa tahapan, yaitu guru mempersiapkan materi lagu yang akan diajarkan, guru mempersiapkan anak-anak untuk siap mengikuti pembelajaran dengan baik, guru memperkenalkan lagu, selanjutnya guru menyanyikan lagu tersebut dengan diikuti oleh anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, lagu Bangun Tidur dan Oh Ibu dan Ayah memberi dampak yang positif bagi kehidupan anak. Anak jadi lebih rajin membersihkan kamar tidurnya, lebih santun terhadap orang tua dan guru, serta lebih menghormati sesama teman. Saran yang dapat penulis berikan antara lain (1) sebaiknya lagu ini digunakan dalam pembelajaran di TK, karena karena lagu ini dapat mendidik etika siswa menjadi lebih baik, (2) sebaiknya guru mengatur strategi agar siswa dapat terkendali selama proses pembelajaran berlangsung dan lebih fokus mendengarkan arahan dari guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN ETIKA, MELALUI LAGU
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 04:06
    Last Modified: 13 Nov 2015 04:06

    Actions (login required)

    View Item