PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Perusahaan Jasa yang Terdaftar pada BEI Tahun 2009-2013)

Nourma Meylatiara Arum, 731141104 (2015) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Perusahaan Jasa yang Terdaftar pada BEI Tahun 2009-2013). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1132Kb)

    Abstract

    Masalah corporate governance merupakan masalah yang timbul sebagai akibat pihak-pihak yang terlibat dalam perusahaan mempunyai kepentingan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut antara lain karena adanya struktur kepemilikan yang berbeda dalam perusahaan, seperti kepemilikan menyebar, perusahaan yang kepemilikannya lebih menyebar memberikan imbalan yang lebih besar kepada pihak manajemen daripada perusahaan yang kepemilikannya lebih terkonsentrasi. Subjek penelitian ini adalah perusahaan sektor jasa yang terdaftar di BEI periode 2009-2013, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan di Indonesia Stock exchange (IDX). Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan software SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate governance berpengaruh negatif terhadap Manajemen laba, sedangkan struktur kepemilikan berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Corporate governance berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan (ROA), sedangkan struktur kepemilikan berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan (ROA). Hasil dari analisis jalur dan uji sobel menunjukkan bahwa secara tidak langsung corporate governance berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA) melalui Manajemen laba, sedangkan struktur kepemilikan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA) melalui manajemen laba. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa corporate governance berpengaruh negatif terhadap Manajemen laba dan Manajemen laba berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan (ROA) pada perusahaan sektor jasa di BEI. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah bagi perusahaan dan investor untuk memperhatikan kinerja keuangan yang menjadi tolak ukur dalam menilai kesehatan perusahaan. Saran bagi penelitian lebih lanjut adalah agar menggunakan metode pengukuran yang lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, Kinerja Keuangan dan Manajemen laba
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 03:56
    Last Modified: 13 Nov 2015 03:56

    Actions (login required)

    View Item