PROSES PEMBELAJARAN ARTIKULASI LAGU DALAM PEMBELAJARAN VOKAL UNTUK ANAK USIA 7 TAHUN (STUDI KASUS DI ALL MOZART MUSIC COURSE & STUDIO KUDUS)

Lifara Aidlika Maudina, 2501411085 (2015) PROSES PEMBELAJARAN ARTIKULASI LAGU DALAM PEMBELAJARAN VOKAL UNTUK ANAK USIA 7 TAHUN (STUDI KASUS DI ALL MOZART MUSIC COURSE & STUDIO KUDUS). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2348Kb)

    Abstract

    Belajar merupakan proses interaksi antara stimulus dan respon. Stimulus yaitu apa saja yang dapat merangsang terjadinya kegiatan belajar seperti pikiran, perasaan, atau hal-hal lain yang dapat ditangkap melalui alat indera. Salah satu alat indera manusia adalah indera perasa yaitu lidah yang berpengaruh dengan pengucapan. Sama halnya dengan bahasa, musik khususnya dalam hal bernyanyi juga membutuhkan pengucapan yang jelas atau yang disebut dengan artikulasi. Artikulasi adalah pengucapan lambang bunyi bahasa yang sesuai dengan polapola standar sehingga dapat dipahami oleh orang lain. Pengucapan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam perkembangan kemampuan dasar bahasa bagi anak usia dini. Salah satu lembaga musik yang mengajarkan teknik artikulasi dalam pembelajaran vokal adalah All Mozart Music Course & Studio Kudus yang dalam pra penelitian ditemukan adanya perbedaan hasil pembelajaran artikulasi pada siswa usia 7 tahun. Oleh karena itu perlu penelitian terhadap proses pembelajaran artikulasi dalam pembelajaran vokal untuk anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dan diseleksi atas dasar teknik keabsahan data. Hasil penelitian proses pembelajaran artikulasi lagu dalam pembelajaran vokal untuk anak usia 7 tahun di All Mozart Music Course & Studio Kudus adalah bahwa pelaksanaan memiliki cara atau treatment yang berbeda-beda dalam penyampaiannya pada setiap anak. Metode yang digunakan guru untuk melatih artikulasi lagu pada siswa adalah berupa vokalisi, yaitu vokalisi huruf vokal dan huruf konsonan. Jika dalam vokalisi siswa sudah bisa melaksanakan dengan artikulasi yang baik, maka untuk menerapkan artikulasi yang benar ke materi lagu akan lebih mudah. Pembiasaan berlatih dan berbicara dengan kata-kata yang jelas dalam keseharian merupakan kunci untuk tercapainya teknik artikulasi yang benar ditinjau dari usia khusunya anak usia dini yang masih dalam tahap perkembangan bahasa, sehingga pengucapan tentu akan mempengaruhi perkembangan bahasanya. Saran untuk guru vokal sebaiknya memberikan pelatihan vokalisi yang benar serta tugas-tugas berupa lagu-lagu yang dapat mendukung pembelajaran artikulasi lagu pada siswa khususnya untuk anak usia dini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pembelajaran, artikulasi, dan anak usia dini
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 03:29
    Last Modified: 13 Nov 2015 03:29

    Actions (login required)

    View Item