PENERAPAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA 1 SUKOREJO

Fandilatun Amaliyah, 4401411056 (2015) PENERAPAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA 1 SUKOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3315Kb)

    Abstract

    Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA 1 Sukorejo rendah. Aktivitas dan hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh pemilihan model dan media dalam pembelajaran. Beberapa ahli berpendapat bahwa penggunaan model pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar peserta didik, salah satunya model pembelajaran Group Investigation (GI). Penerapan model GI ini ditunjang dengan Multimedia Interaktif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA 1 Sukorejo dengan penerapan Group Investigation (GI) berbantuan Multimedia Interaktif materi sistem koordinasi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 3 SMA 1 Sukorejo tahun pelajaran 2014/2015 dengan desain penelitian Collaborative Action Research dan uji triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar mengalami peningkatan di setiap siklus. Aktivitas belajar pada siklus I 61,53%, siklus II 70,03%, dan siklus III 84,62%, sedangkan hasil belajar pada siklus I 65,38%, siklus II 73,07%, dan siklus III 88,46%. Peningkatan tersebut terjadi setelah dilakukan perbaikan yang merujuk pada hasil refleksi siklus sebelumnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Group Investigation (GI) berbantuan Multimedia Interaktif materi sistem koordinasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA 1 Sukorejo.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: aktivitas, Group Investigation (GI), hasil belajar, multimedia interaktif
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 02:40
    Last Modified: 13 Nov 2015 02:40

    Actions (login required)

    View Item