PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINDS-ON SISWA

Desi Sulfina Sari, 4201411109 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINDS-ON SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3569Kb)

    Abstract

    Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas pendidik. IPA masih dianggap sebagai ilmu sains dengan teori yang abstrak. Kajian materi yang menjadi objek IPA berupa gejala-gejala alam yang bersifat fisik atau nyata. Pengalaman adalah guru yang terbaik, karena dari pengalaman manusia dapat belajar. Kegiatan pengalaman sangat membantu siswa menjadikan pembelajaran bersifat aktif. Experiential learning memusatkan siswa pada penggambaran awal tentang pengalamannya. Siswa diarahkan dengan aktivitas minds-on untuk menjadikan informasi baru menjadi keterampilan baru yang akan menjadi pengalaman yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis experiential learning dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minds-on siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar berbasis experiential learning, mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaan bahan ajar, mengetahui peningkatan pemahaman konsep, dan mengetahui peningkatan minds-on siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Uji coba kelompok besar menggunakan Pre-Experimental Design berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Prosedur penelitian meliputi : (1) pendahuluan; (2) pengembangan produk; dan (3) uji coba produk. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa bahan ajar layak digunakan sebagai panduan pembelajaran IPA. Hasil uji keterbacaan menunjukan bahwa bahan ajar mudah dipahami. Hasil pemahaman konsep diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,72. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Bahan ajar juga dapat meningkatkan minds-on siswa yaitu mendengarkan, mengajukan pertanyaan, menulis, mengamati dan mengemukakan pendapat, membuat kesimpulan, dan membuat keterkaitan dengan kehidupan nyata.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: bahan ajar, experiential learning, pemahaman konsep, minds-on
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 02:00
    Last Modified: 13 Nov 2015 02:00

    Actions (login required)

    View Item