PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftarpada BEI Tahun 2010 – 2013 )

Milanti Vivi Suryani, 7311411043 (2015) PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftarpada BEI Tahun 2010 – 2013 ). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1305Kb)

    Abstract

    Tujuan perusahaan dalam jangka panjang adalah mengoptimalkan nilai perusahaan dengan meminimalkan biaya modal perusahaan. Semakin tinggi nilai perusahaan menggambarkan semakin sejahtera pemilik perusahaan. Perusahaan yang memiliki pertumbuhan yang tinggi akan diminati sahamnya oleh para investor. Pertumbuhan dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pertumbuhan perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah industri manufaktur yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia pada tahun penelitian 2010 sampai dengan 2013. Metode penentuan sampel dengan metode purposive sampling, dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 17 perusahaan manufaktur. Data penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan Annual Report tahun 2010 sampai dengan tahun 2013. Analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis jalur dengan menggunakan program SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh sifnifikan terhadap nilai perusahaan karena taraf signifikansi sebesar 0,169 dimana nilai > 0,05 (5%). Sedangkan struktur modal memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan hasil taraf signifikansi sebesar 0,558 dimana nilai ini < 0,05 (5%). Penelitian ini menyimpulkan pertumbuhan perusahaan dan struktur modal sama – sama tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Saran dari penelitian ini dalam penentuan struktur modal dengan menggunakan hutang diperbolehkan dimana masih memberikan manfaat lebih, maka tambahan hutang masih diperkenankan sebagai sumber pendanaannya dalam jangka pendek dan panjang, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan dan nilai perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 01:11
    Last Modified: 13 Nov 2015 01:11

    Actions (login required)

    View Item