PEMBELAJARAN REFLEKTIF BERBASIS JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN STRATEGI METAKOGNITIF SISWA

Eko Prasetyo, 4201411080 (2015) PEMBELAJARAN REFLEKTIF BERBASIS JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN STRATEGI METAKOGNITIF SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2047Kb)

    Abstract

    Pembelajaran fisika di SMAN 1 Boja belum menerapkan upaya pengembangan metakognisi secara optimal. Pembelajaran terfokus pada hafalan rumus dan definisi penting yang mengakibatkan kurangnya penguasaan konsep dan strategi metakognitif siswa. Strategi berpikir metakognitif merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui proses refleksi dan jurnal belajar. Jurnal belajar merupakan media refleksi bagi siswa selama proses pembelajaran yang mencakup perencanaan, monitoring dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan konsep dan strategi metakognitif siswa melalui pembelajaran reflektif berbasis jurnal belajar dibandingkan pembelajaran reflektif tanpa jurnal belajar serta mengetahui hubungan antara strategi metakognitif dengan penguasaan konsep siswa. Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan pola Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 128 siswa ( XI MIA 1 – XI MIA 4). Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 63 siswa dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA 3 (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA 4 (31 siswa) sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, tes, angket dan wawancara. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t komparatif dan uji korelasi dengan product moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai gain peningkatan penguasaaan konsep pada kelas kontrol adalah 0,63 dan pada kelas eksperimen adalah 0,65 dengan kriteria sedang serta thitung = 2,36. Nilai gain peningkatan strategi metakognitif pada kelas kontrol adalah 0,37 dan pada kelas eksperimen adalah 0,38 dengan kriteria sedang serta thitung = 0,16. Uji korelasi strategi metakognitif dengan penguasaan konsep menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,64 dengan kriteria kuat. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa namun tidak terdapat perbedaan peningkatan strategi metakognitif melalui pembelajaran reflektif berbasis jurnal belajar dibandingkan pembelajaran reflektif tanpa jurnal belajar serta terdapat hubungan yang kuat antara strategi metakognitif dengan penguasaan konsep siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Reflektif, Penguasaan Konsep, Jurnal Belajar, dan Strategi Metakognitif.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 21:16
    Last Modified: 12 Nov 2015 21:16

    Actions (login required)

    View Item