MINAT BELI SEBAGAI MEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DI PEKALONGAN (Studi Kasus pada Konsumen International Batik Center dan Pasar Grosir Setono)

KRIS NULUFI , 7311411028 (2015) MINAT BELI SEBAGAI MEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DI PEKALONGAN (Studi Kasus pada Konsumen International Batik Center dan Pasar Grosir Setono). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2129Kb)

    Abstract

    Dalam rangka pengembangan ekonomi daerah, maka pengembangan ekonomi lokal sesuai potensinya menjadi suatu hal yang sangat penting. Para pemilik industri batik dihadapkan pada permasalahan dalam pemasarannya. Dalam upaya mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli, salah satunya adalah berusaha untuk menarik minat konsumen. Citra dan sikap merupakan beberapa faktor yang harus diperhatikan para pemilik industri agar konsumen memiliki sikap positif terhadap citra dari produk itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian secara langsung dan secara tidak langsung yang dimediasi minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen batik pada Pasar Grosir Setono dan International Batik Center (IBC) Pekalongan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 116 orang dengan menggunakan metode accidental sampling dengan pendekatan non probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis jalur dengan progam IBM SPSS 19. Hasil penelitian ini diperoleh hasil uji t bahwa, terdapat pengaruh brand image secara langsung terhadap keputusan pembelian sebesar 3,985, pengaruh sikap konsumen secara langsung terhadap keputusan pembelian sebesar 1,764 dan pengaruh minat beli secara langsung terhadap keputusan pembelian sebesar 2,175. Pengaruh tidak langsung brand image terhadap keputusan pembelian melalui minat beli memiliki nilai total pengaruh 0,418 dan pengaruh tidak langsung sikap konsumen terhadap keputusan pembelian melalui minat beli memiliki nilai total pengaruh 0,299. Penelitian ini menyimpulkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian, tetapi sikap konsumen tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian. Brand image dan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Saran dari penelitian ini yaitu bagi para pengusaha batik di Pekalongan, hendaknya selalu berinovasi akan produk batiknya, baik dari kombinasi motif dan warnanya. Bagi Pasar Grosir Setono perbaikan pada sektor tata ruang kios dan fasilitas yang memadai, menyelenggarakan event dan festival batik. Bagi IBC peningkatan promosi dan pemasaran melihat objek tergolong masih baru, strategi agar event batik lebih menjual dan diminati serta memiliki citra sendiri oleh para pengunjung.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Brand Image, Sikap Konsumen, Minat Beli, Keputusan Pembelian
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 21:08
    Last Modified: 12 Nov 2015 21:08

    Actions (login required)

    View Item