IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER SISWA SMP

Siti Masuti Suryanah , 4201411027 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2070Kb)

    Abstract

    Banyak siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran IPA karena belum menguasai konsep Fisika. Selain itu, nilai karakter siswa juga kurang berkembang. Tujuan penelitian ini adalah menentukan peningkatan penguasaan konsep dan mendeskripsikan pengembangan nilai karakter siswa SMP setelah dilakukan implementasi model pembelajaran Inkuri terbimbing. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa. Guru memberikan rumusan penyelidikan kemudian peserta didik merancang prosedur penyelidikan dan melakukan penyelidikan sehingga akan dihasilkan penjelasan dari masalah yang diberikan. Dalam hal ini guru berperan membimbing siswa pada saat melakuan penyelidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 25 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan menganggap semua kelas adalah homogen dan kelas yang menjadi sampel penelitian penelitian adalah kelas VIII F. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan angket. Analisis data penguasaan konsep dilakukan dengan perhitungan ketuntasan belajar klasikal, uji gain dan uji hipotesis sedangkan analisis data nilai karakter dilakukan dengan uji gain. Hasil analisis data penguasaan konsep diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal dengan kriteria tinggi, uji gain dengan kriteria sedang dan uji hipotesis menunjukan bahwa hasil tes penguasaan konsep sudah mencapai KKM. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan penguasaan konsep Fisika. Hasil analisis data nilai karakter dengan menggunakan uji gain menunjukan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat mengembangkan nilai karakter siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Penguasaan Konsep, Getaran dan Gelombang, Nilai Karakter
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 20:15
    Last Modified: 12 Nov 2015 20:15

    Actions (login required)

    View Item