PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING, DAN GREEN BRANDING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN UMKM JAMU BU HERLIN DI KABUPATEN SEMARANG

HANI HAFIDHOH , 7311411003 (2015) PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING, DAN GREEN BRANDING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN UMKM JAMU BU HERLIN DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2279Kb)

    Abstract

    Isue lingkungan semakin berkembang dengan pesat dikalangan masyarakat terutama dalam dunia bisnis. UMKM saat ini berupaya menciptakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk yang berkualitas alami, aman, terjangkau, dan ramah lingkungan sehingga pendekatan Green Marketing menjadi sebuah solusi yang bisa dilakukan dan berdampak pada peningkatan loyalitas konsumen UMKM itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh green product, green advertising, dan green branding berpengaruh terhadap loyalitas konsumen serta untuk mengetahui serta variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Produk Jamu Bu Herlin. Jumlah sampel 116 responden dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Variabel penelitian Green Product, Green Advertising, Green Branding, dan Loyalitas konsumen. Analisis data dengan regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS 20. Hasil penelitian ini diperoleh hasil uji t bahwa ada pengaruh green product terhadap loyalitas konsumen sebesar 2,943 dengan taraf signifikansi 0,004, ada pengaruh green advertising secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 5,035 dengan taraf signifikansi 0,000, dan ada pengaruh green branding secara positif dan signifikan sebesar 3,232 dengan taraf signifikansi 0,002. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa semakin tinggi penerapan green product, green advertising, dan green branding mampu meningkatkan loyalitas konsumen. Variabel green advertising merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Disarankan hendaknya pemilik UMKM dapat meningkatkan penggunaan bahan baku dengan bahan bahan alami yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Green Advertising, Green Branding, Green Product, Loyalitas Konsumen
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 19:55
    Last Modified: 12 Nov 2015 19:55

    Actions (login required)

    View Item