PENGARUH MOTIVATOR INSENTIF PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI PEMEDIASI (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Prima CahayaIndobeverageDi Ungaran)

TOTO SUSANTO, 7311410049 (2015) PENGARUH MOTIVATOR INSENTIF PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI PEMEDIASI (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Prima CahayaIndobeverageDi Ungaran). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1264Kb)

    Abstract

    Saat ini perusahaan menganggap kinerja karyawan sebagai prioritas paling utama. Dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan PT. Prima Cahaya Indobeverage di Ungaran melakukan berbagai upaya dengan memberikan motivasi berupa motivator insentif yang terdiri dari insentif uang (monetary incentives), pengakuan sosial (social-recognition), dan umpan balik (performance feedback). Perhatian perusahaan terhadap karyawan biasanya hanya dengan cara memberikan insentif berupa uang, sedangkan insentif non uang, yaitu pengakuan sosial dan umpan balik jarang diterapkan. Pada kenyataannya karyawan juga membutuhkan pengakuan sosial dari perusahaan dan umpan balik dari seorang atasan yang dapat meningkatkan kinerja seorang karyawan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pengaruh positif motivator insentif, pada kinerja karyawan dengan kepercayaan diri sebagai pemediasi. Tujuan Penelitian ini untuk menguji pengaruh motivator insentif pada kinerja karyawan dengan kepercayaan diri sebagai pemediasi (studi kasus pada karyawan PT. Prima Cahaya Indobeverage Di Ungaran). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Prima Cahaya Indobeverage Di Ungaran. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 72 karyawan, menggunakan metode Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Variabel penelitian terdiri dari motivator insentif (X), kepercayaan diri (M), serta kinerja karyawan (Y) sebagai variabel dependen. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah path analysis. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS versi 17 menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan motivator insentif dan kepercayaan diri terhadap kinerja karyawan. Serta ada pengaruh langsung secara positif dan signifikan motivator insentif pada kepercayaan diri. Begitu juga dengan variabel kepercayaan diri berpengaruh langsung secara positif dan signifikan yang memediasi motivator insentif terhadap kinerja karyawan PT. Prima Cahaya Indobeverage di Ungaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak baik bagi perusahaan, karyawan maupun dunia pendidikan. Bagi perusahaan hendaknya memberikan motivasi yang semakin beragam, misalnya motivasi insentif uang, umpan balik, dan pengakuan sosial untuk lebih meningkatkan kinerja karyawannya. Bagi masing-masing karyawan hendaknya meningkatkan kinerjanya dengan kesadaran sendiri, dan jangan terpacu untuk meningkatkan kinerja semata-mata karena imbalan. Serta untuk penelitian selanjutnya penelitian ini bisa dijadikan referensi untuk penelitian pada bidang yang sama.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivator Insentif, Kepercayaan Diri, Kinerja
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 19:50
    Last Modified: 12 Nov 2015 19:50

    Actions (login required)

    View Item