EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA N 1 BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Rokhmat Widodo, 3201411177 (2015) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA N 1 BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1847Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi di SMA Negeri 1 Bergas diketahui rata-rata hasil ulangan harian tertulis siswa kelas X hanya 67,31 berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Selama pembelajaran guru menggunakan metode ceramah diselingi kegiatan diskusi. Pelaksanaan metode pembelajaran ceramah tidak berjalan optimal, karena sewaktu pembelajaran siswa kurang termotivasi mengikuti pelajaran dan siswa ramai sendiri. Ketika melakukan diskusi tidak semua siswa ikut aktif dalam kegiatan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapakan teknik Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaanya serta aktivitas dan hasil belajar siswa dengan teknik NHT lebih efektif dibanding metode pembelajaran ceramah pada materi hidrosfer siswa kelas X SMA N 1 Bergas Tahun Ajaran 2014/2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan teknik random sampling. Data utama dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan hasil belajar selama pembelajaran, sedangkan data pendukung adalah data tanggapan siswa. Metode analisis data yang digunakan yaitu dokumentasi, tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan teknik NHT dapat terlaksana dengan baik serta aktivitas dan hasil belajar kelas eksperimen lebih efektif dari pada kelas kontrol. Hal ini ditunjukan dengan persentase aktivitas siswa kelas eksperimen yang termasuk kategori sangat aktif yaitu sebesar 87% dan kategori tidak aktif sebesar 13%. Sedangkan kelas kontrol yang termasuk kategori aktif sebesar 66%, dan kategori tidak aktif sebesar 34%. Nilai rerata kelas eksperimen (85,48) lebih besar dari pada rerata nilai pada kelas kontrol (76,25). Saran, guru diharapkan mampu melaksanakan teknik Numbered Heads Together (NHT) sebagai alternatif metode pembelajaran yang inofatif/ bervariasi, guru memberikan arahan dan membimbing peserta didik agar percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusi dengan kemampuan yang dimiliki, Siswa diharapkan agar lebih meningkatkan kerjasama, kekompakan, dan keaktifannya pada saat pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Numbered Heads Together (NHT), Aktivitas dan Hasil Belajar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 19:07
    Last Modified: 12 Nov 2015 19:07

    Actions (login required)

    View Item