ANALISIS PENGENDALIAN PESEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADAPERUSAHAAN ROTI BONANSA

Eldwidho Hanarista Fajrin, 7311410012 (2015) ANALISIS PENGENDALIAN PESEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADAPERUSAHAAN ROTI BONANSA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (793Kb)

    Abstract

    Persediaan bahan baku yang optimal merupakan faktor penting dalam proses kelancaran produksi pada suatu perusahaan. Bahan baku ini dapat dikendalikan dengan menggunakan metode tertentu, salah satunya adalah metode Economic Order Quantity (EOQ) yang memiliki tingkat keakuratan perhitungan yang lebih baik daripada metode konvensional. Penelitian ini memiliki jenis penelitian kuantitatif , yang memiliki tujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang penggunaan metode Economic Order Quantity(EOQ) dalam mengendalikan bahan baku perusahaan Roti Bonansa. Objek penelitian ini adalah jumlah pembelian, jumlah persediaan, jumlah pemakaian bahan baku yang digunakan dalam produksi,serta biaya pemesanan dan biaya penyimpanan bahan baku. Hasil penelitian didapatkan persediaan optimal bahan baku tepung terigu menggunakan metode EOQ sebesar 3009kg dengan frekuensi pembelian sebanyak 30 kali, safety stock sebesar 504kg dan ROP dilakukan pada saat bahan baku digudang sebesar 1188kg dan TIC Rp 12.559.196,00. Persediaan gula pasir yang optimal dengan metode EOQ adalah sebesar 1244 kg, dengan frekuensi pembelian 20 kali, safety stock sebesar 412 kg dan ROP yang harus dilakukan pada saat bahan baku digudang sebesar 578kg sedangkan TIC sebesar Rp3.461.934,00. Simpulan dari penelitian ini adalah perhitungan menggunakan metode EOQ pada bahan bahan baku tepung terigu dan gula pasir lebih efisien dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini terlihat dari hasil perbandingan TIC yang lebih efisien menggunakan metode EOQ sehingga mampu menghemat biaya dan mampu menambah keuntungan. Saran yang dianjurkan bagi manajemen Perusahaan Roti Bonansa adalah untuk menggunakan metode EOQ dalam proses pengendalian bahan baku perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Economic Order Quantity (EOQ), Persediaan Bahan Baku, Safety Stock (SS), Reorder Point (ROP), Total Inventory Cost (TIC)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 19:21
    Last Modified: 12 Nov 2015 19:21

    Actions (login required)

    View Item