EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA STELLARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2014/2015

M. Arif Rofiqi, 3201411149 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA STELLARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1592Kb)

    Abstract

    Persaingan globalisasi teknologi dan kurangnya hasil belajar siswa menjadi latar belakang dalam penulisan ini serta stellarium yang dirasa cocok sebagai media dalam pembelajaran geografi materi pokok tata surya diharapkan dapat membantu dan menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, serta dalam penulisan skripsi ini diharapkan dapat mengetahui efektivitas media stellarium dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Kajen, Pekalongan tahun pembelajaran 2014 / 2015. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling sehingga terpilih sampel yaitu peserta didik kelas X.F sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dan media LKS, kelas X.G sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media stellarium. Variabel penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas yang meliputi media pembelajaran Stellarium sedangkan variabel terikatnya meliputi hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Metode anailisis butir soal menggunakan uji validitas, realibilitas, daya sukar, dan daya beda. Metode analisis data menggunakan dua yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata – rata, uji hipotesis 1 dan uji hipotesis 2 . Hasil belajar yang diambil dari hasil posttest menunjukkan bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan dengan rata – rata hasil belajar mereka peroleh 77,22, sedangkan pada kelas kontrol peserta didik dengan rata – rata hasil belajar yang mereka peroleh 71,57. Hasil posttest tersebut diperkuat dengan hasil dari uji hipotesis 1 menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan media Stellarium dapat tuntas secara individual sesuai KKM pelajaran geografi yaitu 75. Hasil uji hipotesis 2 menunjukkan bahwa 2,479) , maka ditolak dan diterima. Jadi, rata – rata hasil belajar peserta didik kelas X.G materi tata surya menggunakan media pembelajaran Stellarium lebih dari rata – rata hasil belajar peserta didik materi tata surya menggunakan metode ceramah. Saran dalam penulisan skripsi ini diharapkan stellarium dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran geografi materi pokok tata surya oleh siswa dan juga guru, serta diharapkan dalam penggunaanya disertai ceramah guru sebagai aspek audio dan stellarium sebagai aspek visual.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Stellarium, Tata Surya, Hasil Belajar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:54
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:54

    Actions (login required)

    View Item