EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUAN PERMAINAN GEO EXPLORE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 2 SEMARANG

Eka Nurul Hidayah, 3201411148 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUAN PERMAINAN GEO EXPLORE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2021Kb)

    Abstract

    Efektivitas pembelajaran turut ditentukan oleh model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran simulasi berbantuan permainan Geo Explore dari ketercapaian aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, respon positif siswa, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran, serta mengkaji hubungan antara aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran simulasi dengan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 2 Semarang, yang terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas XI IIS 1, XI IIS 2, dan XI IIS 3. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan dengan ketentuan tertentu. Ketentuannya adalah kemampuan belajar siswa yang sama dilihat dari nilai UTS mata pelajaran Geografi semester gasal tahun pelajaran 2014/2015, sehingga diperoleh kelas XI IIS 1. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, tes, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t, dan uji korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan tingkat aktivitas belajar siswa dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor 52,62 atau 87,70%. Uji t dua rata-rata, mendapatkan hasil thitung > ttabel , Ho ditolak atau nilai post-test lebih baik daripada nilai pre-test. Nilai rata-rata tes sebelumnya 78,21 meningkat menjadi 84,14, terjadi peningkatan sebesar 7,60%. Ketuntasan hasil belajar siswa dibuktikan dengan uji t satu rata-rata, hasil thitung > ttabel, Ho ditolak maka hasil belajar tuntas. Ketuntasan klasikal tercapai dengan angka 86,21%. Rata-rata skor positif siswa 64,28 atau 73,04%, dengan kategori baik. Kemampuan guru mengelola pembelajaran tergolong baik, dengan skor 18 atau 64,29%. Uji korelasi product moment menunjukkan r hitung < rtabel , Ha ditolak sehingga tidak terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa pada pembelajaran simulasi dengan hasil belajar Geografi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran simulasi berbantuan permainan Geo Explore efektif. Namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran simulasi dengan hasil belajar Geografi. Pihak sekolah sebaiknya melakukan perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran seperti komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Simulasi, Hasil Belajar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:51
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:51

    Actions (login required)

    View Item