IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KERSANA KABUPATEN BREBES

Dewi Noviani, 3201411147 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KERSANA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1292Kb)

    Abstract

    Pokok permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi pembelajaran proyek pada pelajaran Goegrafi kelas XI di SMA Negeri 1 Kersana? (2) bagaimana karakter peduli lingkungaan peserta didik setelah mengikuti implementasi pembelajaran proyek. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pembelajaran proyek pada mata pelajaran Geografi, (2) untuk menganalisis bagaiman karakter peduli lingkungan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes yang beralamat di Jl. Stasiun Ketanggungan Barat desa Cigedog. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah menggunakan rumus deskriptif presentatif dan uji t-test. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kersana. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi pembelajaran berbasis proyek dilaksanakan dengan 3 tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, Implementasi pembelajaran proyek pada mata pelajaran Goegrafi berjalan dengan baik dengan rata-rata skor sebesar 84%. (2) karakter peduli lingkungan siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kriteria tinggi dengan rata-rata skor sebesar 78,19%. karakter peduli lingkungan peserta didik dapat dilihat dari aspek kepedulian yang terdiri dari kepedulian terhadap kebersihan kelas, kepedulian terhadap kebersihan sekolah, dan kepedulian terhadap pengolahan sampah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) implementasi pembelajaran berbasis proyek dilaksanakan dengan 3 tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, Implementasi pembelajaran proyek pada mata pelajaran Goegrafi berjalan dengan baik. (2) Karakter peduli lingkungan siswa termasuk dalam kategori tinggi. Saran yang hendak penulis sampaikan adalah (1) Sebaiknya Guru Geografi tidak hanya menggunakan metode yang konvensional saja seperti ceramah, tetapi menggunakn metode pembelajaran yang bervariatif seperti pembelajaran proyek ini. (2) Sebaiknya pihak sekolah sering mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan penanaman peduli lingkungan kepada peserta didik, misalnya mengadakan jumat bersih rutin seminggu sekali. (3) Sebaiknya pihak sekolah menyediakan peralatan untuk menunjang pengolahan sampah, agar siswa lebih kreatif dan lebih peduli terhadap pengolahan sampah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Karakter Peduli Lingkungan, Pembelajaran Berbasis Proyek, Implementasi
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:45
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:45

    Actions (login required)

    View Item