PENGGUNAAN MEDIA BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KANDANGSERANG KABUPATEN PEKALONGAN

Etika Yustiana, 3201411142 (2015) PENGGUNAAN MEDIA BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KANDANGSERANG KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2132Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan pendewasaan siswa agar dapat mengembangkan bakat, potensi dan ketrampilan yang dimiliki dalam menjalani kehidupan, oleh karena itu sudah seharusnya pendidikan dapat memberikan pemahaman serta meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu pendidikan yang perlu diberikan untuk siswa yaitu pengetahuan mitigasi bencana alam khususnya bagi mereka yang bertempat tinggal didaerah rawan bencana alam, dengan cara memberikan pembelajaran dengan menggunakan media berupa Booklet yang dapat digunakan dimana dan kapan saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Booklet sebagai media pembelajaran, tingkat pengetahuan siswa dan pengaruh media tentang mitigasi bencana tanah longsor dengan menggunakan booklet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media Booklet sebagai media pembelajaran mitigasi bencana tanah longsor, mengetahui tingkat pengetahuan siswa dan pengaruh media Booklet terhadap pengetahuan mitigasi bencana tanah longsor siswa kelas X SMA Negeri 1 Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Experimental one-group pre-test - post-test design . Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kandangserang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.5 diperoleh dengan menggunakan simple random sampling. Variabel dari penelitian ini adalah validasi Booklet, aktivitas pembelajaran siswa dengan menggunakan Booklet, hasil peningkatan pengetahuan siswa, dan tanggapan/respon positif siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket), dokumentasi, tes. Teknik analisi data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, daya pembeda soal, tingkat kesukaran soal, uji t-test, dan deskriptif persentase. Hasil penelitian berupa validasi oleh tim ahli materi dan media yang dilakukan dengan 2 tahap, hasil dari tahap 1 dengan jumlah penilaian sebesar 75,83% dengan kriteria layak sedangkan tahap 2 dengan jumlah penilaian sebesar 84,39% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media Booklet di nilai dengan menggunakan pre-test dan post-test. Rata-rata nilai pre-test sebesar 59,73 dan post-test menggunakan sebesar 88,27. Tanggapan/respon positif siswa mengenai media pembelajaran juga sudah baik yaitu sebesar 80,89%. Media booklet mitigasi bencana tanah longsor mempunyai pengaruh sebesar 40,41% dengan taraf signifikasi 5%. Simpulan peneliti adalah media Booklet mitigasi bencana tanah longsor lebih efektif digunakan dalam meningkatkan pengetahuan siswa dalam pokok materi mitigasi bencana tanah longsor. Saran yang dapat disampaikan yaitu Kepada guru geografi di SMA Negeri 1 Kandangserang agar mampu mengenalkan sejak dini pengetahuan tentang mitigasi bencana tanah longsor khususnya pada daerah rawan bencana seperti ditempat peneliti laksanakan. Penggunaan media Booklet dalam pembelajaran merupakan salah satu contoh media yang dapat digunakan, selanjutnya agar dapat membuat dan merancang kembali media yang lebih efektif dan inovatif guna meningkatkan pengetahuan siswa dalam pembelajaran di kelas dengan bantuan tim ahli media dan materi sebagai validator sehingga dapat menciptakan media yang berkualitas dan layak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Booklet, Mitigasi bencana tanah longsor
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:42
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:42

    Actions (login required)

    View Item