PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SAINS POMPA HIDROLIK DAN BOYLE’S BALLOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA NEGERI 1 SAYUNG

Lia Puspitarini , 4201411004 (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SAINS POMPA HIDROLIK DAN BOYLE’S BALLOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA NEGERI 1 SAYUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2526Kb)

    Abstract

    Pemahaman konsep fisika siswa yang rendah dapat disebabkan oleh beberapa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pemahaman konsep siswa salah satunya yaitu media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Alat peraga merupakan media yang digunakan untuk mempermudah guru dalam penyampaian materi. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran akan mengkomunikasikan gagasan yang bersifat konkret dari pemahaman siswa yang abstrak sebelumnya. Dengan kata lain alat peraga akan mempermudah pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alat peraga sains pompa hidrolik dan boyle’s ballon dan memperoleh besar tingkat kelayakan dari alat peraga yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Reasearch and Development) dengan desain Pre Experimental Design. Adapun alat peraga yang dikembangkan berupa pompa hidrolik dan boyle’s balloon, dimana pompa hidrolik merupakan alat peraga yang dapat digunakan untuk menjelaskan konsep hukum Pascal dan boyle’s baloon yang dapat digunakan untuk menjelaskan konsep dari hukum Boyle. Prosedur penelitian pengembangan ini adalah Research and Development yang dikembangkan oleh Borg dan Gall tanpa uji lapangan utama yang dilakukan melalui tahapan: (1) penelitian pengumpalan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan operasional, (7) revisi produk akhir, (8) diseminasi dan distribusi. Sebelum digunakan lebih luas, alat peraga diuji kelayakan yang dilakukan oleh beberapa ahli diantaranya ahli media, ahli materi dan guru fisika untuk mengetahui tingkat kelayakan dari alat peraga. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan untuk alat peraga pompa hidrolik sebesar 87,33% dan alat peraga boyle’s balloon 94% . Sehingga dapat dikatakan alat peraga pompa hidrolik termasuk dalam kriteria layak dan alat peraga boyle’s balloon termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil uji gain menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan alat peraga pompa hidrolik sebesar 0,49 dan boyle’s balloon sebesar 0,41 yang keduanya dalam kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa alat peraga sains pompa hidrolik dan boyle’s balloon dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: alat peraga sains, pompa hidrolik, boyle’s balloon, pemahaman konsep
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:52
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:52

    Actions (login required)

    View Item