PEMANFAATAN WADUK MRICA SEBAGAI SUMBER BELAJAR OUTDOOR STUDY MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA

Fitri Maharani, 3201411138 (2015) PEMANFAATAN WADUK MRICA SEBAGAI SUMBER BELAJAR OUTDOOR STUDY MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2070Kb)

    Abstract

    Waduk Mrica merupakan jenis waduk buatan dan salah satu lokasi wisata yang cukup potensial untuk meningkatkan pembelajaran geografi di sekolah. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan metode outdoor study sebagai sumber belajar mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Wanadadi? (2) bagaimana hasil belajar dari pemanfaatan Waduk Mrica sebagai sumber belajar outdoor study dalam pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Wanadadi?. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pelaksanaan outdoor study dengan memanfaatkan Waduk Mrica sebagai sumber belajar pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Wanadadi. (2) Untuk mengetahui hasil belajar dari pemanfaatan Waduk Mrica sebagai sumber belajar outdoor study pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Wanadadi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanadadi yang berjumlah 288 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-9 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran outdoor study dengan memanfaatkan Waduk Mrica sebagai sumber belajar sudah baik, pada tahap persiapan, pelaksanaan outdoor study dan pada tahap evalusi dapat berjalan dengan baik. (2) Hasil belajar siswa meliputi tiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik meningkat setelah pembelajaran dengan memanfaatkan Waduk Mrica sebagai sumber belajar. Hasil pre-test lebih rendah dari hasil post-test. Nilai rata-rata pre-test sebesar 59.18 dan nilai post-test sebesar 80.50. Nilai belajar afektif 77,7% dengan kriteria baik dan melebihi nilai afektif dua pembelajaran sebelumnya. Sedangkan hasil belajar psikomotorik 82,9% dengan kriteria penilaian sangat baik dan melebihi nilai psikomotorik dua pertemuan sebelumnya Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran geografi karena siswa dapat melihat objek secara langsung sesuai pelajaran yang diajarkan. Sebaiknya guru geografi tidak hanya menggunakan metode konvesional saja seperti ceramah, tetapi menggunakan metode pembelajaran yang lain, seperti memanfaatkan Waduk Mrica sebagai sumber belajar siswa. Sedangkan siswa diharuskan lebih aktif selama mengikuti pelajaran serta sekolah hendaknya menyediakan fasilitas yang diperlukan oleh siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.Pembelajaran dengan memanfaatkan Waduk Mrica dirasa cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Outdoor Study, Pemanfaatan Waduk Mrica
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:19
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:19

    Actions (login required)

    View Item