PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPREDIKSI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Diah Setyorini , 4201411001 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPREDIKSI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1701Kb)

    Abstract

    Penelitian Mariati (2012) mengungkapkan bahwa kemampuan metakognisi siswa masih rendah, ditunjukkan dengan rata-rata tes awal yang hanya 17,43%. Nilai tes awal tersebut masih tergolong sangat kecil dibandingkan nilai kemampuan metakognisi yang diharapkan. Analisis data awal SMA Negeri 1 Tuntang menujukkan bahwa siswa yang mampu mencapai nilai KKM pada pembelajaran Fisika hanya 41,8%. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan memprediksi dan pemahaman konsep siswa adalah dengan menemukan model pembelajaran yang sesuai. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design yaitu penelitian yang masih menganggap kemungkinan kehadiran variabel luar yang memprengaruhi variabel terikat. Bentuk pre-experimental design yang diterapkan dalam penelitian ini adalah One – Group Pretest-Posttest Design. Sebelum dilaksanakan penelitian, terlebih dahulu ditentukan populasi dan sampel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Probability Sampling tipe Simple Random Sampling. Fisika merupakan mata pelajaran yang membahas tentang konsep-konsep alam yang terjadi dalam skala mikro maupun makro. Dalam praktek pembelajaran, masih banyak siswa-siswi yang belum memahami fisika secara menyeluruh sehingga mereka kesulitan untuk memecahkan masalah fisika. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen digunakan uji gain. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, diketahui bahwa nilai <g> = 0,3209. Nilai n-gain peningkatan pemahaman konsep tergolong dalam peningkatan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBLRT mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan cukup baik. Kemampuan memprediksi merupakan kemampuan yang sangat penting pada proses pemecahan masalah. Pada pembelajaran fisika, siswa dihadapkan pada masalah-masalah yang terjadi disekitar lingkungan mereka maupun masalah yang mungkin terjadi di masa depan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai <g> =0,31. Menurut pembagian tingkatan n-gain, nilai tersebut termasuk dalam kelompok sedang. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan PBLRT dapat meningkatkan kemampuan memprediksi dengan signifikan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Reciprocal Teaching, Kemampuan Memprediksi, Pemahaman Konsep.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:19
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:19

    Actions (login required)

    View Item