EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN 2014/2015

Indri Muldiyanto Putri, 3201411137 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1614Kb)

    Abstract

    Penggunaan model pembelajaran sangat mendukung proses pemahaman siswa namun dalam proses belajar mengajar masih banyak ditemui guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah yang menempatkan guru sebagai pusat informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan saintifik model discovery learning membantu siswa mencapai ketuntasan hasil belajar dan mengetahui tanggapan siswa mengenai pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik model discovery learning. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian “control group pre-test pos-test”. Sampel penelitian ini adalah 69 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Penentuan sampel dengan teknik cluster random sampling. Kelas XI IIS 1 dan XII IIS 3 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran geografi pokok bahasan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, sedangkan variabel bebasnya adalah pembelajaran dengan pendekatan saintifik model discovery learning. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dibuktikan dengan Uji-t dengan hasil t hitung > ttabel yaitu 4,115 > 2,033 sehingga Ho ditolak. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik model discovery Learning diperoleh hasil posttest dengan nilai rata-rata 81,88 dan pembelajaran dengan model konvensional diperoleh nilai rata-rata 76,22. Hasil angket tanggapan siswa menyataka skor rata –rata 30,15% menyatakan setuju. Saran dalam penelitian ini adalah penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik dapat menjadi variasi dalam pembelajaran yang inovatif/ bervariasi, agar pembelajaran tidak monoton dan pembelajaran berlangsung secara menyenangkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Pendekatan saintifik, Hasil belajar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:15
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:15

    Actions (login required)

    View Item