EFEKTIVITAS PENYULUHAN LSM BIOTA FOUNDATION TENTANG KONSERVASI MANGROVE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN WARGA DESA MOROREJO KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL

Yuvita Dela Carolina, 3201411134 (2015) EFEKTIVITAS PENYULUHAN LSM BIOTA FOUNDATION TENTANG KONSERVASI MANGROVE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN WARGA DESA MOROREJO KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Aktivitas masyarakat pesisir dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang konservasi mangrove memperburuk permasalahan yang terjadi di wilayah pesisir seperti abrasi, sedimentasi, rob dan intrusi air laut. Sehingga untuk mewujudkan kesadaran lingkungan masyarakat pesisir tentang konservasi mangrove maka perlunya terlebih dahulu pendidikan berbasis masyarakat salah satunya yakni melalui penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengetahuan dasar warga Desa Mororejo mengenai konservasi mangrove; 2) mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan konservasi mangrove pada warga Desa Mororejo sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. 3) mengetahui efektivitas penyuluhan LSM Biota Foundation mengenai konservasi mangrove terhadap peningkatan pengetahuan warga Desa Mororejo. Populasi penelitian adalah warga Desa Mororejo yang berusia dewasa (20- 40 tahun) yang berjumlah 2750 orang, sampel yang digunakan sebanyak 97 responden yang dipilih menggunakan teknik Area Random Sampling. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan warga Desa Mororejo tentang konservasi mangrove awal dan akhir penyuluhan serta efektivitas penyuluhan yang dilaksanakan LSM Biota Foundation. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dasar warga Desa Mororejo mengenai konservasi mangrove masih kurang karena nilai rata-rata pretest hanya sebesar 55,42 dan setelah penyuluhan berlangsung pengetahuan warga meningkat diketahui dari nilai rata-rata posttest sebesar 61,24. Perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikansi pretest sebesar 0,202 dan posttest sebesar 0,281 (p>0,05) yang menunjukkan aada perbedaan bermakna antara skor sebelum penyuluhan dan setelah penyuluhan. Maka dapat diketahui bahwa penyuluhan yang diadakan LSM Biota Foundation tersebut efektif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa 1) pengetahuan warga Desa Mororejo mengenai konservasi mangrove masih minim. 2) Ada perbedaan pengetahuan warga mengenai konservasi mangrove yang bermakna diketahui dari perhitungan statistika dengan rumus t-test. 3) Penyuluhan LSM Biota Foundation efektif dalam menigkatkan pengetahuan warga mengenai konservasi mangrove. Saran yang dapat diberikan adalah LSM Biota Foundation lebih berinovasi dalam metode dan media penyuluhan yang diberikan dan warga Desa Mororejo agar lebih aktif dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan melestarikan mangrove dalam penyuluhan maupun penanaman yang diadakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penyuluhan, Pengetahuan, Konservasi Mangrove
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:13
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:13

    Actions (login required)

    View Item