TINGKAT PENGETAHUAN PETANI PADI TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN PESTISIDA BAGI LINGKUNGAN HIDUP DI DESA SUMBERAHAYU KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015

Isrok Istriyanti, 3201411130 (2015) TINGKAT PENGETAHUAN PETANI PADI TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN PESTISIDA BAGI LINGKUNGAN HIDUP DI DESA SUMBERAHAYU KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1776Kb)

    Abstract

    Penggunaan pestisida dalam sektor pertanian dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup. Peningkatan penggunaan pestisida oleh petani tidak diimbangi dengan peningkatan pengetahuan dan pemahaman petani dalam menggunakan pestisida. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan petani padi tentang dampak penggunaan pestisida bagi lingkungan hidup di Desa Sumberahayu, dan tujuan khusus adalah untuk mengetahui : 1) tingkat pengetahuan petani padi tentang dampak pestisida bagi resistensi hama tanaman padi, 2) tingkat pengetahuan petani padi tentang dampak pestisida bagi organisme penyubur tanah, hewan liar, dan hewan ternak, 3) tingkat pengetahuan petani padi tentang pestisida bagi kesehatan petani padi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (description research) yang menggambarkan tingkat pengetahuan petani padi tentang dampak penggunaan pestisida bagi lingkungan hidup. Populasi penelitian ini adalah petani padi di Desa Sumberahayu Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Tahun 2015 yang berjumlah 473 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling sebanyak 10 % dari jumlah seluruh populasi sejumlah 48 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis instrumen dalam penelitian ini meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian tingkat pengetahuan petani padi tentang dampak penggunaan pestisida bagi lingkungan hidup sebagian besar masuk dalam kriteria pengetahuan cukup. Petani padi mempunyai pengetahuan yang cukup terhadap semua dampak penggunaan pestisida bagi lingkungan hidup, yang terdiri dari dampak pestisida bagi resistensi hama tanaman padi; dampak pestisida bagi organisme penyubur tanah dan hewan ternak; dan dampak pestisida bagi kesehatan petani padi.Saran yang diberikan peneliti adalah tingkat pengetahuan petani padi yang cukup terkait dengan dampak penggunaan pestisida bagi lingkungan hidup hendaknya ditingkatkan dengan cara memberikan sosialisasi oleh pemerintah khususnya yang bernaung dibidang pertanian dan lingkungan hidup.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, petani padi, dampak penggunaan pestisida, lingkungan hidup
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:10
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:10

    Actions (login required)

    View Item