PERAN YAYASAN LEMBAGA PEMBELAAN DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN JAWA TENGAH SEBAGAI LPKSM DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Elesa Andrea N.S , 8111410187 (2015) PERAN YAYASAN LEMBAGA PEMBELAAN DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN JAWA TENGAH SEBAGAI LPKSM DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1059Kb)

    Abstract

    Konsumen dengan segala keterbatasanya yang ada sering membeli produk yang tidak sebagaimana diharapkan dan menderita kerugian akibat membeli produk tersebut. Seiring berjalannya waktu untuk membantu konsumen Indonesia agar tidak dirugikan oleh pelaku usaha dalam mengonsumsi barang dan/atau jasa dan agar dapat membantu konsumen dalam menyelesaikan sengketa dengan pelaku usaha muncul Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) yang dibentuk oleh masyarakat itu sendiri. Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat ini berfungsi sebagai penerima aspirasi atau keluhan konsumen yang dirugikan dan untuk menangani masalah penyelesaian sengketa konsumen dan pelaku usaha. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk membahas Peran Yayasan Lembaga Pembelaan dan Perlindungan Konsumen Jawa Tengah sebagai LPKSM dalam menyelesaikan sengketa konsumen. Adapun perumusan masalah yang diteliti adalah Bagaimana Peran Yayasan Lembaga Pembelaan dan Perlindungan Konsumen Jawa Tengah sebagai LPKSM dalam menyelesaikan sengketa konsumen ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Penulis menggunakan Pendekatan yuridis sosiologis dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Validitas data menggunakan triangulasi data dengan mengajukan berbagai macam-macam variasi pertanyaan, pengecekan dilakukan dengan berbagai macam sumber data, berbagai metode dimanfaatkan untuk dapat melakukan pengecekan kepercayaan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis menyimpulkan, Peran Yayasan Lembaga Pembelaan dan Perlindungan Konsumen Jawa Tengah sebagai wujud dari LPKSM dalam menyelesaikan sengketa konsumen yakni sebagai pihak yang melakukan upaya perdamaian bagi konsumen dan pelaku usaha yang memiliki sengketa, meskipun Undang-Undang Perlindungan Konsumen sendiri tidak mengatur mengenai tugas dan kewenangan dari YLPPK Jawa Tengah selaku LPKSM untuk menyelesaikan sengketa konsumen.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peran LPKSM, sengketa konsumen, Perlindungan Konsumen
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: rizqi mulyantara unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 14:07
    Last Modified: 12 Nov 2015 14:07

    Actions (login required)

    View Item