HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN SISWA PADA PROGRAM ADIWIYATA DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL

Arvina Meyzilia, 3201411112 (2015) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN SISWA PADA PROGRAM ADIWIYATA DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1753Kb)

    Abstract

    SMK Negeri 2 Semarang mengikuti program Adiwiyata pada tahun 2010 dan mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri pada tahun 2013. Dalam mengikuti program Adiwiyata tersebut, siswa terlibat dalam kegiatan pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan dan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. Orangtua siswa juga terlibat dalam pendidikan lingkungan hidup. Pihak sekolah memberi sosialisasi kepada orangtua siswa agar menerapkan prinsip 3R. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui keterlibatan siswa pada program Adiwiyata, 2) mengetahui partisipasi siswa dalam pengelolaan lingkungan tempat tinggal, dan 3) mengetahui hubungan antara antara keterlibatan siswa pada program Adiwiyata dengan partisipasi siswa dalam pengelolaan lingkungan tempat tinggal. Objek penelitian meliputi siswa-siswa SMK Negeri 2 Semarang sebanyak 123 siswa dari 1.226 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa: angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan deskriptif. Keterlibatan siswa pada program Adiwiyata sudah baik. Hal ini dikarenakan siswa telah mengikuti pembelajaran lingkungan hidup dengan baik, mengkomunikasikan inovasi pembelajaran pendidikan lingkungan hidup melalui media majalah dinding, web-site, dan pameran. Siswa juga melakukan kegiatan kebersihan di sekolah dengan bertanggung jawab, seperti piket kebersihan kelas, perawatan taman, jumat bersih, dan membuang sampah pada tempatnya. Partisipasi siswa dalam pengelolaan lingkungan tempat tinggal juga sudah baik. Hal ini dikarenakan siswa telah menerapkan hemat penggunaan BBM dan kertas, membuang sampah pada tempatnya, dan pemusnahan sampah dengan cara dibuang ke TPA. Setelah diinventarisasi, bentuk partisipasi siswa dalam pengelolaan lingkungan tempat tinggal yang paling dominan adalah: 1) mengurangi aktivitas yang menghasilkan sampah, 2) membatasi penggunaan BBM, 3) membatasi penggunaan kertas, 4) membuang sampah pada tempatnya dan 5) menghindari pemusnahan sampah dengan cara dibakar. Saran, pihak sekolah hendaknya mempererat kerjasama dengan orangtua siswa agar siswa ikut menerapkan di rumah perilaku ramah lingkungan yang dibudayakan di sekolah. Pihak sekolah hendaknya lebih mengintegrasikan lagi kegiatan siswa di sekolah dengan memanfaatkan fasilitas lingkungan yang ada di sekolah dengan maksimal. Keikutsertaan siswa dalam aksi atau organisasi kelingkungan yang diadakan oleh pihak luar juga hendaknya dipantau, sehingga siswa terbiasa berkerjasama dengan masyarakat atau pihak luar sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Program Adiwiyata, Keterlibatan Siswa, Pengelolaan Lingkungan Tempet Tinggal
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 12:12
    Last Modified: 12 Nov 2015 12:12

    Actions (login required)

    View Item