PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATAN WADUK BADE SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI MATERI HIDROSFER KELAS X IPS SMA N 1 ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rengganis Widyastuti, 3201411108 (2015) PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATAN WADUK BADE SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI MATERI HIDROSFER KELAS X IPS SMA N 1 ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1878Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, pembelajaran di SMA N 1 Andong masih banyak memanfaatkan pembelajaran di dalam kelas yang mengakibatkan timbulnya rasa bosan, ngantuk, dan tidak konsentrasi. Sehingga diperlukannya adanya inovasi pembelajaran luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Waduk Bade sebagai sumber belajar geografi dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar geografi siswa dengan memanfaatkan Waduk Bade sebagai sumber belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian pre exsperimental dengan one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 1 Andong, Boyolali. Pengambilan sampel dengan tekhnik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dan uji peningkatan rata-rata pemahaman konsep. Sedangkan untuk analisis hasil belajar afektif dan psikomotorik menggunakan analisis dekskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Waduk Bade sebagai sumber belajar baik, hal ini dapat dilihat dari angket tanggapan siswa tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan hasil 85,8% dengan kriteria sangat setuju. Hasil belajar siswa meningkat dari ketiga ranah. Ranah kognitif siswa hasil pre test diperoleh rata-rata 63,00 sedangkan post test diperoleh rata-rata 80,00. Sedangkan hasil uji perbedaan rata rata diperoleh t hitung = 8,12 dan t tabel = 2,00 dengan dk = (32 − 1) = 31 dan α = 5%, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil pre-test dan post-test atau hasil post-test lebih besar dibandingkan dengan hasil pre-test. Sedangkan hasil belajar ranah afektif diperoleh hasil 72,00 dengan kriteria baik dan hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh hasil 83,80 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan memanfaatkan Waduk Bade sebagai sumber belajar geografi pokok bahasan hidrosfer sudah berjalan dengan baik dan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotorik lebih baik dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Sumber Belajar, Geografi, Hasil Belajar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 12:07
    Last Modified: 11 Apr 2018 11:53

    Actions (login required)

    View Item