Hubungan antara Minat Membaca dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Semarang Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015

ISMI KUMALA SARI, 3201411084 (2015) Hubungan antara Minat Membaca dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Semarang Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1299Kb)

    Abstract

    Membaca merupakan awal dari sebuah pembelajaran, tanpa membaca kita tak bisa mengetahui apa-apa karena membaca adalah membuka jendela dunia. Tingkat minat membaca memiliki hubungan dengan hasil belajarnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah minat membaca referensi geografi sebagai sumber belajar siswa, dan (2) Bagaimana hubungan antara minat membaca referensi geografi sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Semarang. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui tingkat membaca referensi geografi siswa sebagai sumber belajar, dan (2) Untuk mengetahui hubungan tingkat minat membaca referensi geografi sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa kelas X IIS SMA Negeri 7 Semarang. Lokasi penelitian berada di Jalan Untung Suropati Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IS SMA Negeri 7 Semarang dengan jumlah 143 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan deskriptif persentase dan hubungan korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat membaca geografi sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar mata pelajaran geografi. Hasil penelitian menunjukan tingkat minat membaca siswa dalam kategori sedang, faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca rata-rata termasuk kategori sedang yaitu faktor instrisik 75,29% dan faktor ekstrinsik 74,80%,, hubungan minat membaca dan hasil belajar mempunyai hubungan yang signifikan yaitu 0,751 lebih besar dari t tabel yang berarti ada hubungan antara minat membaca siswa dengan hasil belajarnya. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat minat membaca siswa tinggi. Adanya hubungan antara minat membaca dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Saran bagi siswa diharapkan meningkatkan minat membaca.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, dan Hasil Belajar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 11:44
    Last Modified: 12 Nov 2015 11:44

    Actions (login required)

    View Item