FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BANYAK ANAK YANG TIDAK MELANJUTKAN SEKOLAH KE JENJANG SMP/MTS DI DESA CILAPAR KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2015

Reni Nurfitriani, 3201411074 (2015) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BANYAK ANAK YANG TIDAK MELANJUTKAN SEKOLAH KE JENJANG SMP/MTS DI DESA CILAPAR KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1407Kb)

    Abstract

    Desa Cilapar merupakan desa yang mempunyai potensi besar khususnya pada bidang pertanian. Hasil produksi beras di Desa Cilapar menembus angka paling tinggi bila dibandingkan dengan desa-desa lain yang ada di Kecamatan Kaligondang. Hanya saja potensi yang dimiliki tersebut tidak sejalan dengan angka pendidikan masyarakatnya. Banyak masyarakat yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang SMP/MTs. Tujuan penelitian: Mengetahui kondisi aksesibilitas wilayah, tingkat ekonomi, sosial dan budaya, tingkat pendidikan orang tua, serta motivasi anak sebagai faktor yang menyebabkan banyaknya anak yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualititatif. Lokasi penelitian berada di Desa Cilapar Kecamatan Kaligondang. Subjek penelitiannya adalah masyarakat di Desa Cilapar yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang SMP/MTs. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: faktor-faktor yang terdiri dari kondisi aksesibilitas, ekonomi, sosial dan budaya, tingkat pendidikan serta motivasi anak dapat menjadi faktor penyebab banyaknya anak yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang SMP/MTs. Tetapi, dari banyak faktor tersebut jika dilihat dari persentase data tabulasi rata-rata yang paling rendah adalah tingkat pendidikan orang tua dengan nilai 47,08% dan berkategori rendah. Berdasarkan kondisi dilapangan memang demikian, tingkat pendidikan orang tua yang rendah yakni hanya lulusan Sekolah Dasar menyebabkan pola pikir orang tua tehadap nilai penting suatu pendidikan juga rendah. Orang tua tidak mendukung anaknya untuk melanjutkan sekolah, walaupun latar belakang ekonominya temasuk dalam kriteria tinggi. Kebanyakan dari orang tua responden lebih tetarik untuk menggunakan uangnya guna membeli sawah, tanah, dan hewan ternak. Simpulan penelitian: Faktor- faktor yang terdiri dari kondisi aksesibilitas, pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya, serta motivasi menjadi faktor penyebab banyak anak yeng tidak melanjutkan sekolah ke jenjang SMP/MTs tetapi hanya ada satu faktor yang dominan yakni tingkat pendidikan orang tua dengan persentase 96,64%. Saran penelitian: perlu pendekatan dan penyuluhan terhadap orang tua mengenai arti penting suatu pendidikan guna merubah persepsi negatif orang tua dan bagi pemerintah setempat sebaiknya memperhatikan ketersediaan angkutan umum sebagai sarana transportasi untuk memudahkan segala aktivitas masyarakat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor, Jenjang SMP/MTs, Tidak Melanjutkan Sekolah
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 11:03
    Last Modified: 12 Nov 2015 11:03

    Actions (login required)

    View Item