EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2014/2015

Shinta Ariesta Firdaus, 3201411072 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2147Kb)

    Abstract

    IPS merupakan ilmu yang mempelajari hakekatnya ilmu yang mempelajari dan menelaah manusia beserta lingkungan yang mempengaruhinya. Sumber materi pembelajaran IPS berasal kehidupan masyarakat dan lingkungan yang ikut berpengaruh didalamnya, sehingga dalam pembelajaran IPS siswa perlu diajak mengamati secara langsung fakta yang terjadi di masyarakat atau lebih dikenal dengan metode pembelajaran outdoor study. Pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Demak masih banyak siswa yang hasil belajar di bawah batas KKM yaitu kurang dari 75, serta minat belajar dan aktivitas yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis pre-eksperimental design dengan pola one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Demak. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, pertimbangan yang digunakan yaitu hasil belajar yang rendah, minat belajar rendah serta aktivitas belajar rendah. Berdasarkan pertimbangan tersebut diperoleh kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik dokumentasi, tes,observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis deskripsif persentase, uji t-test dan uji korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat aktivitas siswa dinyatakan tinggi dengan nilai 17,85 sedangkan minat siswa terhadap pembelajaran outdoor study dinyatakan tinggi dengan nilai 76,31 dan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang semula 67,94 meningkat menjadi 78,17 dengan persentase 77,14% setelah menggunakan metode outdoor study dalam pembelajaran IPS. Hasil belajar tersebut dapat dinyatakan tuntas dan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode outdoor study efektif digunakan pada pembelajaran IPS, karena tiga dari empat indikator efektivitas yaitu aktivitas, hasil belajar dan minat belajar siswa masuk dalam kategori tinggi, selain itu berdasarkan uji korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar atau dapat dikatakan semakin tinggi minat belajar maka hasil belajar semakin meningkat. Walaupun metode outdoor study efektif diterapkan dalam pembelajaran IPS guru perlu mempersiapkan hal-hal yang menunjang dalam pembelajaran outdoor study untuk mengurangi resiko atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam pembelajaran outdoor study .

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Outdoor Study, IPS
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 10:55
    Last Modified: 12 Nov 2015 10:55

    Actions (login required)

    View Item