PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN PEDAGANG PASAR TERHADAP PERILAKU LINGKUNGAN DI PASAR GUNUNGPATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015

Dwi Nurul Hidayah, 3201411047 (2015) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN PEDAGANG PASAR TERHADAP PERILAKU LINGKUNGAN DI PASAR GUNUNGPATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1891Kb)

    Abstract

    Manusia sangat bergantung pada lingkungan hidup, pendidikan merupakan faktor yang perperan penting terhadap perilaku sadar lingkungan bagi masyarakat. Masalah lingkungan hidup merupakan masalah yang kompleks dimana lingkungan hidup banyak bergantung pada tingkah laku manusia yang semakin lama semakin menurun, baik kualitas maupun kuantitanya yang menunjang kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pendidikan pedagang Pasar Gunungpati (2) tingkat pendidikan pedagang Pasar Gunungpati terhadap perilaku lingkungan di pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang aktif yang ada di Pasar Gunungpati sebanyak 309 orang. Teknik sampling menggunakan cara acak berstrata secara proporsional, menghasilkan sampel yaitu kios sebanyak 6 orang, los sebanyak 39 orang, dataran terbuka 9 orang, dan pancaan sebanyak 8 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, data observasi, data wawancara, data kuesionert. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase, regresi sederhana, dan statistik korelasi pada hasil kuesioner responden pedagang Pasar Gunungpati. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pendidikan pedagang Pasar Gunungpati tergolong rendah. Pedagang yang tahun sukses sebanyak 126 orang, tahun sukses 7-9 sebanyak 78 orang, tahun sukses 10-12 sebanyak 64 orang, tahun sukses sebanyak 11 orang, dan 30 orang tidak sekolah. Terdapat 9 pedagang dari 62 responden yang memiliki perilaku lingkungan yang sangat tinggi, terdapat 46 pedagang dari 62 responden yang memiliki perilaku lingkungan yang tinggi, terdapat 7 pedagang dari 62 responden yang memiliki perilaku lingkungan yang rendah dan terdapat 0 pedagang untuk perilaku lingkungan yang sangat rendah. Pedagang Pasar Gunungpati memiliki perilaku sadar lingkungan yang tinggi, hal ini dapat dilihat dari pedagang yang selalu menata rapi barang dagangannya dan menjaga kebersihan lingkungan di area tempat mereka berjualan, seperti menyapu dan membuang sampah pada tempatnya. banyak dari pedagang di Pasar Gunungpati telah mengetahui konsep pengelolaan sampah dengan baik, memilah terlebih dahulu antara sampah organik maupun non organik, tetapi ada juga yang tidak memisahkan antara sampah organik maupun non organik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pedagang Pasar, Perilaku Lingkungan
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 10:31
    Last Modified: 12 Nov 2015 10:31

    Actions (login required)

    View Item