KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TAPPS STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LINGKARAN

Ari Isnaeni , 4101411189 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TAPPS STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LINGKARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2877Kb)

    Abstract

    Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika, karena di dalam pembelajaran matematika peserta didik dituntut untuk dapat mengomunikasikan hasil pemikirannya yang dapat berupa simbol, tabel, gambar, grafik, atau media lain secara jelas. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru di SMP Negeri 3 Ungaran, kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII dapat dikatakan masih tergolong rendah, hal ini dilihat dari cara menjawab peserta didik yang langsung menuliskan hasil akhir pada soal bentuk uraian tanpa memperhatikan prosesnya. Salah satu cara yang diharapkan dapat mendorong kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) strategi REACT efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada sub materi garis singgung lingkaran dan apakah pembelajaran dengan model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) strategi REACT lebih efektif daripada pembelajaran dengan model Direct Instruction (DI). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Ungaran tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Terambil dua kelas sampel, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran TAPPS strategi REACT dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran DI. Hasil dari penelitian ini adalah: pembelajaran dengan model TAPPS strategi REACT tuntas dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik mencapai KKM; presentase ketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran TAPPS strategi REACT lebih tinggi daripada presentase ketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran DI; dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran TAPPS strategi REACT lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran DI. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) pembelajaran dengan model TAPPS strategi REACT efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada sub materi garis singgung lingkaran; dan (2) pembelajaran dengan model TAPPS strategi REACT lebih efektif daripada pembelajaran dengan model DI terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi garis singgung lingkaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keefektifan, model TAPPS, strategi REACT, komunikasi matematis.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 09:22
    Last Modified: 12 Nov 2015 09:22

    Actions (login required)

    View Item