KEEFEKTIFAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AWAN DAN CUACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI PEGIRIKAN 03 KABUPATEN TEGAL

Maya Aprilia Rosanti , 1401411029 (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AWAN DAN CUACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI PEGIRIKAN 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2190Kb)

    Abstract

    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran IPA yang baik harus mengaitkan IPA dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun, guru belum sepenuhnya melibatkan siswa dalam melaksanakan pembelajaran aktif dan kreatif. Selain itu, mereka belum menggunakan berbagai pendekatan maupun strategi pembelajaran yang bervariasi berdasarkan karakter materi pelajaran. Kebanyakan guru hanya terpaku pada buku teks sebagai satu- satunya sumber belajar mengajar. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satumya yaitu dengan strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa yaitu strategi Crossword Puzzle. Strategi Crossword Puzzle dapat mengundang keterlibatan siswa dan partisipasi langsung dengan mendesain tes uji pada teka teki silang. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui keefektifan strategi Crossword Puzzle dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPA; (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Pegirikan 03 pada pembelajaran IPA yang belajarnya menerapkan strategi Crossword Puzzle dengan pembelajaran konvensional; (3) membuktikan bahwa aktivitas dan hasil belajar yang menerapkan strategi Crossword Puzzle lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Pegirikan 02 dan 03 Kabupaten Tegal yang berjumlah 50 siswa, terdiri dari 26 siswa SD Negeri Pegirikan 03 sebagai kelas eksperimen, dan 24 siswa SD Negeri Pegirikan 02 sebagai kelas kontrol. Sampel yang berasal dari kelas eksperiman sebanyak 23 siswa dan kelas kontrol sebanyak 21 siswa. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas belajar siswa kelas kontrol sebesar 69,40% dan kelas eksperimen sebesar 77,28. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80,65%, dan kelas kontrol sebesar 72,14%. Hasil belajar thitung>t tabel (2,076>2,018) dan signifikansi < 0,05 (0,044< 0,05) serta hasil aktivitas siswa menunjukkan thitung>ttabel (4,185 > 1,717). Dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar. Uji pihak kanan, menunjukkan hasil aktivitas siswa bahwa thitung>ttabel (4,185 > 1,717). Dan hasil belajar menunjukan thitung>ttabel (3,675> 1,717). Sehingga aktivitas dan hasil belajar yang menerapkan strategi Crossword Puzzle lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Crossword Puzzle; Hasil Belajar; Strategi;
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 07:30
    Last Modified: 12 Nov 2015 07:30

    Actions (login required)

    View Item