PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA FLASH CARD DI KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG

Yunita Tiara Riski , 1401411013 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA FLASH CARD DI KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2933Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara Indonesia (Pasal 31 UUD 1945). Pemendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi yang mewajibkan satuan pendidikan dasar memuat PKn membentuk warganegara yang mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai Pancasila dan UUD 1945. PKn di SDN Sekaran 02 mengalami masalah. Berdasarkan observasi, ditemukan ada permasalahan guru kurang optimal dalam menggunakan model inovatif, kurang maksimal dalam menggunakan media yang menarik, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Data hasil penilaian evaluasi di SDN Sekaran 02 pada mata pelajaran PKn terdapat 67% (12 dari 18 siswa) mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan 65. Masalah tersebut mendesak untuk diselesaikan, peneliti termotivasi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran PKn melalui model Quantum Learning dengan media Flash Card. Alasan peneliti melilih model Quantum Learning adalah model pembelajaran yang menciptakan lingkungan belajar bermakna dan menyenangkan, menumbuhkan minat belajar siswa, menciptakan pengalaman siswa, agar siswa menemukan konsep suatu ilmu, siswa menunjukkan bahwa mereka tahu, mengulas kembali materi yang dipelajari, agar tercipta keberhasilan suatu pembelajaran (DePorter, 2014: 39-40). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Quantum Learning dengan Media Flash Card. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui model Quantum Learning dengan Media Flash Card di kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang. Rancangan penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru meningkat, siklus I rerata skor 2,8 kriteria baik, siklus II rerata skor 3,5 kriteria sangat baik, dan siklus III rerata skor 3,83 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa meningkat, siklus I rerata skor 3 kriteria baik, siklus II rerata skor 3,15 kriteria baik, dan siklus III rerata skor 3,35 kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sampai siklus III. Hasil belajar siklus 1 ketuntasan klasikal 55,56%, siklus II ketuntasan klasikal 61.11%, meningkat pada siklus III ketuntasan klasikal 77,78%. Data siklus III menunjukkan ketuntasan klasikal telah mencapai target 75% yaitu 77,78% penelitian dihentikan karena telah mencapai target indikator pencapaian. Simpulan penelitian ini adalah model Quantum Learning dengan media Flash Card dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn siswa di kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Flash Card, kualitas pembelajaran, PKn, Quantum Learning
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 06:36
    Last Modified: 12 Nov 2015 06:36

    Actions (login required)

    View Item