PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMAN 4 MAGELANG

Laila Purnamasari, 2302410055 (2015) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMAN 4 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1120Kb)

    Abstract

    Terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada nilai ulangan harian maupun semester siswa pada mata pelajaran bahasa Jepang. Terdapat beberapa siswa yang memperoleh nilai yang cukup tinggi namun ada juga yang memperoleh nilai sangat rendah. Adanya kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang yang bersifat tidak wajib membuat penulis menduga tinggi rendahnya nilai siswa dipengaruhi oleh hal tersebut. Proses pembelajaran yang telah berlangsung dengan baik namun hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan membuat penulis melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Kegiatan Ekstakurikuler Bahasa Jepang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi untuk mengetahui pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang dengan hasil belajar bahasa Jepang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 4 Magelang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA N 4 Magelang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama dan jumlah siswa yang menjadi responden penelitian. Angket digunakan untuk mengetahui pendapat siswa mengenai kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang. Data yang diperoleh diuji menggunakan rumus Product Moment dan didapat hasil harga rhitung lebih besar dari rtabel untuk kesalahan 5% (0,831 > 0,707). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang terhadap hasil belajar bahasa Jepang, digunakan rumus kontribusi. Hasil dari perhitungan konstribusi didapatkan hasil sebesar 69%, berarti kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang memberikan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Jepang sebesar 69%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Ekstrakurikuler, Hasil, Belajar.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 02:25
    Last Modified: 12 Nov 2015 02:25

    Actions (login required)

    View Item