PENGARUH KEMAMPUAN BUNPO TERHADAP KEMAMPUAN SAKUBUN PADA MAHASISWA SEMESTER IV ANGKATAN 2012 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES

KHASANAH PRIHATIN MARYAM MELLIA, 2302410050 (2015) PENGARUH KEMAMPUAN BUNPO TERHADAP KEMAMPUAN SAKUBUN PADA MAHASISWA SEMESTER IV ANGKATAN 2012 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1704Kb)

    Abstract

    Kemampuan menulis merupakan kemampuan mengungkapkan pendapat/gagasan seseorang yang dilakukan secara tertulis. Dalam bahasa Jepang kemampuan menulis dikenal dengan sakubun. Komponen kebahasaan yang menyangkut dalam pembuatan sakubun adalah huruf, kosa kata dan tata bahasa. Dari hasi studi pendahuluan yang telah penulis lakukan, sistem pengajaran di UNNES telah menggunakan kurikulum tematik yang artinya materi pada setiap mata kuliah saling berkesesuaian satu sama lain. Begitu juga materi pada mata kuliah prodi pendidikan bahasa Jepang. Akan tetapi, belum diketahui apakah kemampuan bunpo berpengaruh pada kemampuan sakubun yang dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara penguasaan kemampuan bunpo chukyu zenhan dengan kemampuan sakubun chukyu zenhan dalam mata kuliah bahasa Jepang mahasiswa semester IV angkatan 2012 prodi pendidikan bahasa Jepang UNNES. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Sumber penelitiannya adalah daftar nilai mata kuliah bunpo chukyu zenhan dan sakubun chukyu zenhan mahasiswa semester IV angkatan 2012 prodi pendidikan bahasa Jepang UNNES. Kemudian teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive dan teknik analisa data yang digunakan adalah rumus product moment, rumus koefisien determinasi dan rumus regresi linear. Hasil dari penelitian ini adalah nilai product moment yang juga di bandingkan dengan tabel r product moment yaitu 0,58 0,254 (dengan membandingkan tabel kepercayaan 95%).Koefisien determinasi korelasi, nilai tersebut termasuk dalam kategori “cukup lemah” yaitu 34% saja. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kemampuan bunpo dengan kemampuan sakubun mahasiswa semester IV angkatan 2012 prodi pendidikan bahasa Jepang UNNES dapat dinyatakan “berkorelasi tetapi berpengaruh kecil”.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: bunpo, sakubun
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 02:02
    Last Modified: 12 Nov 2015 02:26

    Actions (login required)

    View Item